Lomba Parade Cinta Tanah Air, Salah Satu Cara Bangkitkan Semangat Nasioanalisme Generasi Muda

Lomba Parade Cinta Tanah Air, Salah Satu Cara Bangkitkan Semangat Nasioanalisme Generasi Muda

Realita saat ini rasa cinta tanah air sudah mulai memudar hal ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti munculnya prilaku yang ingin merongrong dan saling melemahkan dan bahkan mengkhianati bangsa sendiri dengan sikap radikalisme dan tindakan terorisme. Jugaa, rendahnya etika dan sopan santun, serta lemahnya rasa kebersamaan dan gotongroyong, mudahnya terjadi konflik horizontal/vertikal yang didorong oleh prilaku suka fitnah dan adu domba, berkembangnya kriminalitas serta maraknya peredaran dan pemakaian narkoba dan sejenisnya.

Hal ini dikatakan Gubernur Sumbar diwakili Plt Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat Zul Aliman saat membuka lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016 di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat, Rabu (25/05/2016).

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Sumatera Barat, Danrem 032 Wirabraja, Wadanlantamal II Padang, Danlanud Padang, Wakapolda Sumatera Barat dan Kejati Sumatera Barat. Selain itu turut hadir para juri dan siswa SMA se Sumatera Barat peserta Lomba Parade Cinta Tanah Air.

Kegiatan PCTA Provinsi Sumatera Barat ini merupakan rangkaian dari PCTA Nasional dan nantinya satu

orang pemenang lomba tingkat SMA akan menuju ke PCTA tingkat nasional pada tanggal 5-9 September 2016.

Dikatakan Zul Aliman, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Kolonel Laut (PM) Syahril Bakri MAP,MH sebagai Koordinator Desk Pengendali Pusat Kantor Pertahanan Provinsi Sumatera Barat yang telah konsisten setiap tahunnya untuk melaksanakan kegiatan PCTA. Dimana kegiatan ini sangat penting dan dibutuhkan dlam membangun karakter kebangsaan para siswa/siswi SMA sebagai generasi muda bangsa, terutama rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

Dalam UUD Negara RI tahun 1945 Pasal 27 (3) bahwa “setiap waga negara berhak dan wajib ikut serta

dalam upaya pembelaan negara”, serta dalam UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara Pasal 9 (1) mengatakan bawa “setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahan negara”.

Sebelum membuka lomba PCTA Plt Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat mengatakan, harapan yang besar tertumpu kepada para generasi muda penerus bangsa ini untuk memiliki sikap dan komitmen yang kuat dalam membangun intelektualnya yang berbasis nilai-nilai karakter kebangsaan serta kekuatan nilai agama, adat dan budaya, sehingga diyakini bahwa apabila generasi mudanya berkarakter sudah pasti akan menjadikan bangsanya yang maju dan hebat.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dalam membangun semangat bela negara dan cinta tanah air bagi

para generasi muda dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluan untuk masa kini dan masa yang akan datang,” ucap Zul Aliman.

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/494JHAdW5hBbOV22aXaloIk0f