Doa Minta Hujan Serta Do’a Cara Mengalihkan Hujan Yang Ampuh

Doa Minta Hujan Serta Do'a Cara Mengalihkan Hujan Yang Ampuh

Doa Minta Hujan Serta Do’a Cara Mengalihkan Hujan Yang Ampuh

Doa Minta Hujan Serta Do'a Cara Mengalihkan Hujan Yang Ampuh
Doa Minta Hujan Serta Do’a Cara Mengalihkan Hujan Yang Ampuh

Arti Hujan

Hujan ialah salah satu rahmat yang tidak dapat kita hitung nilainya, walaupun kadang hujan ialah salah satu factor bercana alam, akan tetapi dengan hujan juga ialah reski yang diturunkan oleh Allah, tanpa hujan seorang petani akan mengalami gagal tanam, tanpa hujan maka bumi akan kering dan banyak efek yang ditimbulkan terutama pada makhluk hidup akan banyak mengalami kematian. Olehnya itu ketika demam isu kemarau apalagi yang berkepantidakboleh tentunya menghararap adanya hujan yang turun, dan salah satu cara yang harus dilakukan ialah sholat istisqa minta hujan sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Rasulullah saw ketika mengalami demam isu kemarau/ kekeenteng.

صَلاَة إِسْتِسْقَى

Adapun cara yang pernah dilakukan oleh Rasulullah, setelah melakukan sholat sunat istisqa 2(dua) rakaat, nabi naik kemimbar membaca khutbah. Dalam khutbah pertama, Nabi membaca istigfar 9kali dan khutbah kedua 7 kali lalu dilanjutkan dengan tahmid, syahadat, dan sholawat serta dilanjutkan dengan nasehat.kemudian do’a bersama.
Adapun do’a yang dicontohkan oleh Nabi SAW sebagai diberikut

Baca Juga: Rukun Islam

Do’a Minta Hujan

“Segala puji-pujian bagi Allah yang memelihara sekalian alam. Pengasih lagi penyayang, menguasai hari pembalasan, tidak ada Tuhan melainkan Allah, yang berbuat sekehendaknya. Ya Allah engkaulah Tuhan, tidak ada Tuhan melainkan Allah. Engkau maha kaya (tidak berhajat kepada siapapun) dan kami yang berhajat kepadaMu, turunkanlah hujan atas kami, dan jadikanlah yang engkau engkau turunkan itu menjadi bekal bagi kami buat beberapa lamanya.”
(Riwayat Abu Daud)
اللهُمَّ اسْقِ عِبَادَكَ وَبَهَائِمِكَ وَاَنْشُرْ رَحْمَتِكَ وَاَحْيَ بَلَدَكَ الْمَيَّتَ
Allahummasqi ‘ibaadaka wabahaaimika wansyur rahmatika wa-ahya baldakal mayyita“Yaa Allah turunkanlah hujan kepada hamba-hamba-Mu dan makhluk-makhluk hewan-Mu, dan sebarkanlah rahmat-Mu, dan hidupkanlah negeri-Mu yang mati”
اللهُمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا نَا فِعًا غَيْرَ ضَارِ عَا جِلاً غَيْرَ اَجِلِ
Allahumsqinaa gaitsan marii-an marii-‘an naafi’an gaira dhaarin ‘aajilan gaira ajili
“Yaa Allah turunkanlah hujan kepada kami, hujan yang menyelamatkan, yang baik akibanya, yang deras, yang bermamfaat, tidak membawa mudharat, segera tidak tertunda”.
Do’a Ketika Hujan Turun
اللهُمَّ صَيْبًا نَا فِعًا
Allahumma shaiban naafi’an
“Yaa Allah Jadikanlah hujan yang bermamfaat”
Doa Ketika Hujan Sangat Deras
اللهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا اللهُمَّ عَلى الظَّـرَابِ واْلاَكَامِ وَلْجِبَالِ وَبُطًـوْنِ الْاَوْدِيَةِ وَبَنَابِتِ الشَّجَرِ
Allahumma hawaalaenaa walaa ‘alaenaa, Allahumma ‘aladhdharabi wal-akaami wal-jibaali wabutuunil audiyati wabanaabitis syajari
“Yaa Allah, Turunkanlah terhadap sekeliling kami dan bukan untuk kami, Ya Allah turunkanlah pada bukit-bukit kecil, dan dataran-dataran tinggi dan pegunungan-pegunungan, perut-perut lembah, dan pada tempat-tempat tumbuhnya pohon”.

Teknik Mengalihkan Hujan

Mengalihkan hujan memang sangat dibutuhkan, apalagi dalam situasi mengadakan suatu pesta janji nikah yang tentunya sangat mengharap cuaca yang cerah, olehnya itu apabila sudah melihat hujan akan turun, maka dengan izin Allah insyaallah hujan dapat kita alihkan kedaerah lain atau hujan tersebut tidak hingga pada tempat kita.

Tata Caranya

Adapun caranya cukup simple dan tidak berat dilakukan yakni dengan cara sebagai diberikut :Sesudah melakukan sholat wajib, kerjakanlah sholat sunat rawatib 2 rakaat
Bacalah surah Al-ikhlas sebanyak 40 kali
bacalah doa
اللهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا اللهُمَّ عَلى الظَّـرَابِ واْلاَكَامِ وَلْجِبَالِ وَبُطًـوْنِ الْاَوْدِيَةِ وَبَنَابِتِ الشَّجَرِ
Kemudian lanjutkan dengan do’a sesuai dengan hajat, doa hajat tersebut boleh dengan bahasa keseharian kita. Insya Allah, hujan yang turun akan beralih kedaerah lain.