Instrumen Penyelenggaraan BK

Instrumen Penyelenggaraan BK

Instrumen Penyelenggaraan BK

Untuk mengetahui sejauhmana penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling  (BK) di sekolah harus dilakukan penilaian (evaluasi) dan untuk menjaring data yang dibutuhkan  tentunya  diperlukan instrumen tertentu.  Dalam hal ini, saya mencoba mengembangkan sebuah instrumen, yang didalamnya berusaha menjaring data penyelenggaraan BK di sekolah secara menyeluruh,  mencakup aspek pengorganisasian  dan substansi pelayanan BK di SMP, SMA dan SMK. Instrumen ini diberi judul “Instrumen Penilaian Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Instrumen ini bisa digunakan oleh para pengawas BK dalam rangka menilai penyelenggaraan BK di sekolah-sekolah yang menjadi binaannya dan juga bisa digunakan oleh kepala sekolah dan guru BK di sekolah masing-masing untuk kepentingan evaluasi diri.

Instrumen ini masih bersifat “trial” dan masih membutuhkan validasi lebih lanjut. Bagi Anda yang berminat menggunakan instrumen ini, silahkan dipelajari dan dimungkinkan untuk dimodifikasi sesuai kondisi dan perkembangan BK saat ini. Saya berharap Anda bisa memberikan feedback  atas instrumen yang saya kembangkan ini  melalui forum blog ini, sehingga instrumen ini benar-benar dapat menjadi sebuah instrumen yang handal dan valid.