7 Pola Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen Dan Penjelasannya

7 Pola Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen Dan Penjelasannya

7 Pola Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen Dan Penjelasannya
7 Pola Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen Dan Penjelasannya

1. Keguakaragaman Hayati pada Padi

misal keguakaragaman hayati tingkat gen sanggup kita temukan pada tumbuhan padi. Bagi yang tinggal di pedesaan atau yang orang tuanya yaitu petani tentu keguakaramaan ini sudah kita kenal dengan adanya bermacam-macam varietas tumbuhan padi, contohnya varietas Ciherang, Muncul, Inpari, Digul, Cilamaya, Rojolele, dan lain sebagainya. Masing-masing varietas ini mempunyai perbedaan baik dari segi ciri fisik daun, buah, batang, dan akar, ketahanan hidup, maupun dari segi umur tanam.

2. Keguakaragaman Hayati pada Mangga

Sama menyerupai tumbuhan padi, tumbuhan mangga pun mempunyai keguakaragaman hayati tingkat gen. Bagi yang suka makan mangga tentu Anda mengenal beberapa ragam jenis mangga menyerupai mangga manalagi, mangga golek, mangga gadung, mangga arum manis, atau mangga apel. Dari sisi buahnya, mangga-mangga tersebut mempunyai rasa dan tekstur yang tidak sama-beda, begitupun dari segi penampilan fisik tanamannya.

3. Keguakaragaman Hayati pada Jagung

misal keguakaragaman hayati tingkat gen juga terjadi pada tumbuhan jagung. Para petani mengenal berbagai varietas jagung yang akan ditanamnya. Jenis varietas yang dipilih biasanya diubahsuaikan dengan kondisi lingkungan penanaman, sebab setiap varietas mempunyai ketahanan yang tidak sama pada kondisi lingkungan yang tidak sama. Beberapa pola varietas tumbuhan jagung contohnya varietas Pioner, BISI, NK, DK, Bima, dan lain sebagainya.

sanggup terjadi pada beberapa tingkat kehidupan 7 misal Keguakaragaman Hayati Tingkat Gen, Gambar, dan Penjelasannya

Baca Juga: Pengertian Musik Tradisional

4. Keguakaragaman Hayati pada Pisang

Tanaman pisang juga mengenal beberapa varietas akhir adanya keguakaragaman hayati tingkat gen pada spesies Musa paradisiaca ini. kita mungkin mengenal adanya pisang dengan nama dan jenis yang bermacam-macam mulai dari pisang manado, pisang kepok, pisang muli, pisang raja nangka, pisang lilin, pisang siem, dan lain sebagainya. Masing-masing jenis pisang ini mempunyai rasa dan bentuk buah yang tidak sama, begitupun dengan ciri morfologis tanamannya.

5. Keguakaragaman Hayati pada Bunga kertas (bougenvil)

Bagi penyuka tumbuhan bunga, niscaya mengenal yang namanya bunga bougenvil atau bunga kertas. Bunga kertas mempunyai bermacam-macam varietas yang ditunjukan dengan perbedaan warna bunga, bentuk daun, dan corak. melaluiataubersamaini metode sambung atau okulasi, varietas bunga kertas biasanya disambungkan sehingga dalam satu tumbuhan sanggup tumbuh lebih dari satu warna bunga.

6. Keguakaragaman Hayati pada Ayam

misal keguakaragaman hayati bukan spesialuntuk sanggup terjadi di dunia tumbuhan. pada binatang juga kita sanggup menemukannya. Misalnya pada ayam. Kita mengenal beberapa jenis ayam, di antaranya ayam kampung, ayam bangkok, ayam cemani, ayam kate, dan lain sebagainya. Keragaman ayam ini yaitu bukti dari adanya keguakaragaman hayati tingkat gen.

7. Keguakaragaman Hayati pada Kambing

Sejalur dengan ayam, dalam dunia kambing pun kita mengenal adanya pola keguakaragaman hayati tingkat gen. Ada kambing etawah yang menghasilkan daging dan susu, kambing alpen, kambing saguan, dan kambing boer yaitu bukti dari adanya variasi tingkat gen dalam dunia kambing.