Mahasiswa Unair Dapat Medali di Singapura

Mahasiswa Unair Dapat Medali di Singapura

Mahasiswa Unair Dapat Medali di Singapura

Advenced Innovation Global Competition (AIGC) kembali digelar di Nanyang Technological University (NTU), Singapura. Pada kompetisi yang fokus dalam bidang inovasi itu, delegasi Universitas Airlangga dari Fakultas Keperawatan (FKp) berhasil meraih medali perak.

Tim yang beranggotakan Annisa Fitri Purnamasari, Alfiana Nur Halimah,

Desi Syahfitri, Desti Nayunda, dan Timotius Dwi mahasiswa angkatan 2016 FKp itu mengusung inovasi Bidens Pilosa for Stomatitis. Yaitu, prototype produk dari tanaman ketul yang diubah menjadi obat stomatitis (sariawan). Menurut Annisa selaku ketua tim, inovasi tersebut muncul karena telah dilarang produksinya salah satu merek obat sariawan.

“Gak banyak orang tahu tentang tanaman ketul yang biasanya ada dipinggir-pinggir jalan, hutan, atau sawah, padahal tanaman itu banyak manfaatnya,” ujar Annisa.
Baca Juga:

Ini Alasan Unair Pilih Bejijong Sebagai Desa Wisata Binaan
Kebakaran FKM UNAIR Dipadamkan Dalam 30 Menit
Dubes Pakistan untuk Indonesia Jajaki Kerjasama dengan UNAIR
Ketahanan Pangan Tidak Hanya Masalah Kuantitas

Dari inovasi itu, tanaman ketul diubah menjadi obat sariawan. Seratus

persen dari ekstrak tanaman ketul tidak menggunakan campuran bahan kimia, sehingga aman untuk digunakan.

Sebelum mengikuti kompetisi itu, Annisa beserta tim harus membuat abstrak yang diseleksi hingga lolos. Annisa mengatakan bahwa setelah mengetahui abstrak mereka lolos, kemudian mereka mempersiapkan full paper, poster, serta produk inovasi yang mereka presentasikan ke Singapura.

“Jadi selama dua hari, aula kompetisi akan terbuka bagi siapapun yang

hadir, jadi kita mempromosikan produk kita, dan juga di sana kita presentasi didepan juri dari dosen profesional dan peneliti selama sepuluh menit. Selain, itu kita juga harus presentasi ke setiap orang yang datang di booth kita,” jawab mahasiswi semester tujuh tersebut.

 

Sumber :

https://mycourses.hult.edu/eportfolios/55933/Home/Definition_Objectives_and_Monetary_Policy_Instruments