Perilaku Konsumen dalam Ilmu Ekonomi Mikro

Perilaku Konsumen dalam Ilmu Ekonomi Mikro

Perilaku Konsumen dalam Ilmu Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi mikro (sering juga di tulis mikro ekonomi) adalah  cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan dan harga-harga pasar dan  kualitas faktor  input,  barang atau jasa yang diperjual belikan. Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan  dan   tersebut  mepengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa yang menentukan harga dan bagaimana harga, pada giliran menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.

Individu yang melakukan  kombinasi atau produk secara optimal, bersama-sama individunya dipasar, akan membentuk suatu keseimbangan dengan asumsi bahwa semua hal tetap sama (ceteris paribus).

Konsumen dan konsumsi memiliki pengertian yang  merujuk  pada suatu pernyataan yang ada. Konsumen adalah seseorang atau sekelompok yang mengkonsumsi suatu barang atau jasa. Sedangkan yang dimaksud dengan konsumsi yaitu seseorang atau sekelompok orang yang mengkosnsumsi barang dan jasa.

Konsumsi seseorang tergantung  pada pendapatan, pendidikan  kebiasaan dan kebutuhan.

Perilaku konsumen yaitu, perilaku  kosumen ditujukan dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur, barang atau jasa yang mereka anggap  akan memuaskan kebutuhan mereka.

1.      Definisi perilaku konsumen dari para ahli yaitu :

Tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan , menggunakan barang-barang atau jasa ekonomi yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan

Definisi lain adalah bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumber dayanya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.

2.      Variable-variabel dalam mempelajari perilaku konsumen yaitu :

a.       Variabel Stimulus

Variabel stimulus merupakan  variabel yang berada di luar diri individu  (vaktor eksternal) yang sangat berpengaruh dalam proses pembelian. Contohnya merek dan jenis barang, iklan pramuniaga.

b.      Variabel Respon

Variabel Respon merupakan hasil aktipasi individu sebagai reaksi dari variabel stimulus. Variabel Respon sangat bergantung pada faktor individu dan kekuatan stimulus contohnya keputusan membeli barang, memberi penilaian terhadap barang

c.       Variabel Interverning

Variabel Interverning adalah variabel antara variabel stimulus dan respons variabel intervening individu, termasuk motif-motif membeli, sikap terhadap suatu peristiwa, dan persepsi  terhadap suatu barang.

Peranan variabel intervening adalah untuk memodifikasi respons.

Baca Juga :