Cara merawat ikan hias arwana di dalam akuarium

Cara merawat ikan hias arwana di dalam akuarium

Cara merawat ikan hias arwana di dalam akuarium

Cara merawat ikan hias arwana di dalam akuarium
Cara merawat ikan hias arwana di dalam akuarium

merupakan salah satu keharusan bagi para pecinta ikan hias yang memiliki ikan ini, dan tentunya butuh perawatan khusus untuk ikan ini agar ikan tetap sehat dan tetap lincah juga enak dipandang. Kabar baiknya, cara merawat ikan ini cukup mudah dan tidak butuh perawatan yang ribet.

Ikan arwana merupakan salah satu ikan hias yang banyak digemari oleh pecinta ikan hias, keindahan warna, bentuk tubuh dan gerak-gerik ikan ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga ikan ini memiliki harga yang cukup tinggi.

Selain itu perawatan ikan arwana sangat mudah sehingga siapapun yang gemar memelihara ikan hias tentu bisa melakukan ternak ikan arwana dengan mudah.

Jenis-jenis ikan arwana

Sebelum lebih lanjut cara memelihara dan merawat ikan arwana sebaiknya, mengenal dan mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis ikan arwana agar kemudian bisa menyesuaikan dengan akuariumnya. Diantaranya ikan arwana yang terkenal adalah:
Super Red : Ikan ini memiliki latar sisik yang hitam mengkilat, namun kemudian samar-samar kemerahan
Golden Cross Back : Ikan ini berlatar asli hitam
Red Tail Golden : Arwana yang satu ini sebenarnya memiliki Latar biru / putih
Bandjar Red : Ikan ini sama dengan red tail golden, memiliki Latar biru / putih
Silver : Sementara yang satu ini berlatar hitam / biru

Pemilihan Akuarium

Pemilihan aquarium untuk ikan arwana hal yang penting ketika akan memeliharanya, seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa pemelihiraan media harus disesuaikan dengan jenis ikan yang akan dipelihara, dari latar akuarium, jenis dan bentuk akuarium, perpaduan warna dan juga lampu penerangan akuarium.

Hal yang paling penting lainnya adalah ukuran arwana, pertimbangan pertumbuhan ikan juga harus diperhatikan, jangan memilih akuarium yang ukurannya terlalu kecil dan sempit, sementara kemungkinan pertumbuhan ikan akan sangat cepat, hal ini akan menyebabkan ikan susah gerak dan sulit bergerak, dan keindahan arwana akan terbatas.

Selain itu, perangkat atau alat-alat pelengkap akuarium harus disediakan, diantaranya adalah :
Aerator
Lampu
Filter
Saringan
Thermometer
Alat pengukur ph
Alat pembersih akuarium bisa dibuat sendiri
Hiasan Akuarium
Kerikil atau batu apung dan karang hiasan
Pemberian Makan Pada Ikan Arwana

Jenis-jenis makanan yang baik untuk ikan arwana diantaranya adalah :
Aneka ikan hidup; bisa menggunakan ikan mas kecil, guppy, molly dan ikan kecil lainnya, namun yang harus diperhatikan adalah berikan ikan hidup dan ikan terbebas dari penyakit dan virus, biarkan ikan arwana memangsa ikan itu didalam akuarium.
Jangkrik, jangkrik bisa menjadi santapan yang baik untuk arwana
Pemberian makanan pada arwana bisa dilakukan 3-4 kali dalam sehari, lakukan variasi makanan, selain ikan hidup dan jangkrik arwana juga bisa diberi makan dengan kelabang dan kadal kecil, kecoa juga udang.
Kualitas Air

Hal lain yang harus diperhatikan adalah kualitas air, penggantian air harus diperhatikan dan dijadwal, mengukur ph air juga harus dilakukan jangan sampai air terlalu masam, akibat lamanya penggantian air, dan kualitas air kotor karena bekas makanan dan kotoran ikan arwana. Sebaiknya, sebelum melakukan penggantian air, air baru diendapkan terlebih dahulu.

Demikian cara ternak ikan arwana, dan ikan ini adalah termasuk ikan dengan harga mahal, harga ikan arwana sangat mahal, sehingga ini juga menjadi peluang untuk membudidaya ikan arwana.

Sumber: https://berkebun.co.id/