Pengungkapan

Pengungkapan

Pengungkapan
Pengungkapan
Tanggal Pengesahan untuk Penyelesaian
Perusahaan mengungkapkan tanggal penyelesaian laporan keuangan dan pihak yang bertanggung jawab menyelesaikan laporan keuangan.
Pemutakhiran Pengungkapan tentang Kondisi pada Tanggal Neraca
Jika perusahaan menerima informasi setelah tanggal neraca tentang kondisi yang ada pada tanggal neraca, maka perusahaan harus memutakhirkan pengungkapan kondisi tersebut, sesuai dengan informasi terkini. Dalam beberapa kasus, perusahaan perlu memutakhirkan neraca, walaupun informasi tersebut tidak mempengaruhi jumlah yang telah diakui perusahaan dalam laporan keuangannya. Disamping mempertimbangkan apakah perusahaan harus mengakui kewajiban diestimasi saat ini, sesuai PSAK 57: Kewajiban Diestimasi, Kewajiban Kontinjensi dan Aktiva Kontinjensi, perusahaan juga harus memutakhirkan pengungkapannya tentang kewajiban kontinjensi sesuai dengan bukti tersebut.
Peristiwa Setelah Tanggal Neraca yang Tidak Memerlukan Penyesuaian
Apabila peristiwa setelah tanggal neraca yang tidak memerlukan penyesuaian adalah penting, dalam arti jika tidak diungkapkan akan mempengaruhi pengambilan keputusan pemakai laporan keuangan, maka perusahaan harus mengungkapkan informasi berikut untuk setiap peristiwa tersebut:
  1. Jenis peristiwa tersebut; dan
  2. Estimasi atas dampak keuangan, atau pernyataan bahwa estimasi semacam itu tidak dapat dibuat.

Sumber : https://ekonomija.org/