Fungsi Kredit

Fungsi Kredit

Fungsi Kredit

Fungsi Kredit

 Adapun fungsi kredit yang dikemukakan Muchdarsah Sinaungan yang dikutip Faisal Abdullah dalam bukunya Manajemen Perbankan diantaranya :

  1.   Meningkatkan Peredaran Uang dalam Lalu lintas Uang

Uang yang disalurkan akan beredar dari satu wilayah ke wilayah lain   sehingga suatu daerah yang kekurangan uang dengan memperoleh kredit maka daerah tersebut akan memperoleh tambahan uang dari wilayah lainnya.

  1.   Meningkatkan Daya Guna Uang

Maksudnya jika uang hanya disimpan dirumah saja tidak akan menghasilkan sesuatu yang berguna. Dengan digunakan dalam bentuk kredit, maka uang tersebut akan menjadi berguna untuk menghasilkan barang atau jasa bagi penerima (debitur) dan pendapatan bagi bank (kreditur).

  1.   Menigkatkan Peredaran Uang

Dalam hal ini uang yang diberikan atau disalurkan akan beredar dari satu wilayah ke wilayah lainnya sehingga, suatu daerah yang kekurangan uang dengan memperoleh kredit maka daerah tersebut akan memperoleh tambahan uang dari daerah lainnya.

  1. Untuk Meningkatkan Usaha Nasabah

Bagi debitur kredit tentu akan meningkatkan gairah usaha apalagi nasabah dengan modal kecil. Dengan tambahan dana dari bank maka usaha debitur (nasabah) akan ditingkatkan dan diperluas. (2005:84)

sumber :

Solid – Text Mask & Shapes 1.1 Apk for android