Teori Modernisasi

Teori Modernisasi

Teori Modernisasi

Teori Modernisasi

  1. Analisis Teori

WW Rostow Sangat popular dan paling banyak komentar dari ahli Artikel : Economics Journal (Maret 1956) dimuat dalam Buku The Stages of Economics Growth (1960). Menurut  WW Rostow, Pembangunan Ekonomi merupakan suatu proses yang dapat menyebabkan:

  1. Perubahan orientasi ekonomi, politik dan sosial yang pada mulanya berorientasikepada suatu daerah menjadi berorientasi keluar.
  2. Perubahan pandangan masyarakat mengenai jumlah anak dalam keluarga yaitu kesadaran untuk membina keluarga kecil.
  3. Perubahan dalam kegiatan investasi masyarakat dari melakukan investasi yang tidakproduktif menjadi investasi yang produktif.
  4. Perubahan sikap hidup dari adat istiadat yang kurang merangsang pembangunanekonomi misalnya kurang menghargai waktu kerja dan orang lain.

Basis Asumsi Teori Rostow membagi proses pembangunan menjadi lima tahap, adalah sebagai berikut :

1)      Masyarakat tradisional

Sistem ekonomi yang mendominasi masyarakat tradisional adalah pertanian,dengan cara-cara bertani yang tradisional. Produktivitas kerja manusia lebihrendah bila dibandingkan dengan tahapan pertumbuhan berikutnya. Masyarakatini dicirikan oleh struktur hirarkis sehingga mobilitas sosial dan vertikal rendah,Kedudukan masyarakat tidak berbeda dengan nenek moyang. Kegiatan politikdan pemerintahan di daerah-daerah berada ditangan tuan tanah.

2)      Pra-kondisi tinggal landas

Masa transisi masyarakat , mempersiapkan untuk mencapai pertumbuhan ataskekuatan sendiri (self sustained growth).Selama tahapan ini, tingkat investasi menjadi lebih tinggi dan hal itu memulaisebuah pembangunan yang dinamis. Model perkembangan ini merupakan hasilrevolusi industri. Konsekuensi perubahan ini, yang mencakup juga padaperkembangan pertanian, yaitu tekanan kerja pada sektor-sektor primer berlebihan. Sebuah prasyarat untuk pra-kondisi tinggal landas adalah revolusiindustri yang berlangsung dalam satu abad terakhir.

3)      Tinggal landas

Tahapan ini dicirikan dengan pertumbuhan ekonomi yang dinamis. Karakteristik utama dari pertumbuhan ekonomi ini adalah pertumbuhan dari dalam yang berkelanjutan yang tidak membutuhkan dorongan dari luar. Seperti, industritekstil di Inggris, beberapa industri dapat mendukung pembangunan. Secara umum “tinggal landas” terjadi dalam dua atau tiga dekade terakhir. Misalnya, di Inggris telah berlangsung sejak pertengahan abad ke-17 atau di Jerman padaakhir abad ke-17. Pertumbuhan ekonomi selalu terjadi, Kemajuan pesat dalaminovasi atau terbukanya pasar-pasar baru.

sumber :

Kill Shot 3.6 Apk for android