Pengertian Cyber Law Fungsi, Manfaat dan Contoh Cyber Law

Pengertian Cyber Law: Fungsi, Manfaat dan Contoh Cyber Law

Pengertian Cyber Law: Fungsi, Manfaat dan Contoh Cyber Law

 

Pengertian Cyber Law Fungsi, Manfaat dan Contoh Cyber Law
Pengertian Cyber Law Fungsi, Manfaat dan Contoh Cyber Law

Pernahkah kalian mendengar istilah Cyber Law? Apakah kalian tahu apa pengertian dari cyber law itu? Kita hidup

dalam masyarakat ‘dipagari’ oleh hukum-hukum tertentu yang berlaku demi membuat tatanan hidup yang teratur dan lebih baik. Tanpa adanya sebuah hukum, tentu sulit untuk membuat sebuah kehidupan yang tertib. Nah Cyber Law sendiri juga ada hubungannya dengan dunia hukum, tapi apa artinya?

Dalam berbagai aspek kehidupan manusia, ada banyak hukum yang mengatur berbagai hal. Dan cyber law merupakan salah satu dari sekian banyak jenis hukum yang berlaku saat ini. Sebenarnya apa sih pengertian dari cyber law itu?

Pengertian Cyber Law

Daftar Isi

Pengertian Cyber Law
Tujuan dan Manfaat Adanya Cyber Law
Contoh Cyber Law

pengertian fungsi dan contoh cyber lawTerdiri dari 2 kata yaitu cyber yang berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi dan law yang berarti hukum. Artinya, ini adalah sebuah hukum yang mengatur tata tertib dalam dunia teknologi itu sendiri. Jika ada oknum yang menggunakan teknologi ataupun internet untuk hal jahat maka ia bisa dijerat dengan Cyber Law sesuai dengan aturan yang berlaku. Tentu hal ini harus didukung bukti yang kuat agar pelaku bisa dijerat sesuai pasal.

Tujuan dan Manfaat Adanya Cyber Law

pengertian fungsi dan contoh cyber lawSeperti hukum pada umumnya, cyber law sendiri bertujuan sebagai upaya pencegahan ataupun penindakan terhadap aksi kejahatan yang memanfaatkan teknologi. Cyber Law bisa menjadi tumpuan atau landasan terhadap penindakan kejahatan elektronik. Para penegak hukum bisa menjerat pelaku kejahatan dengan pasal yang ada di Cyber Law

Contoh Cyber Law

pengertian fungsi dan contoh cyber lawJonathan Rosenoer telah memberikan penjelasan apa saja ruang lingkup dari Cyber law dalam Cyber Law – The Law of Internet sebagai berikut :

Copy Right (Hak Cipta), memberikan perlingan terhadap suatu karya.

Trademark (Hak Merk), memberikan perlindungan terhadap suatu merk tertentu
Defamation yang menangani masalah pencemaran nama baik.
Hatespeech, SARA, penghinaan ataupun fitnah.
Kegiatan hacking, penerobosan akses dan juga penyebaran virus serta malware.
Regulasi seputar internet.
Keamanan dan Privasi
Duty Care (prinsip kehati-hatian).
Procedural Issues
Kontrak Elektronik
Criminal Liability
Konten pornografi.
E-commerce dan E-Government
Robbery
Perlindungan Konsumen

Demikian sedikit pembahasan mengenai pengertian Cyber Law serta manfaat dan juga contohnya. Semoga penjelasan diatas bisa memberikan informasi yang mudah dimengerti dan dipahami. Jika kalian punya saran atau pertanyaan seputar artikel diatas, silahkan berkomentar di bawah.

Sumber:

https://infinidb.org/