PENGERTIAN AKUNTANSI KEUANGAN

PENGERTIAN AKUNTANSI KEUANGAN

PENGERTIAN AKUNTANSI KEUANGAN

PENGERTIAN AKUNTANSI KEUANGAN

Dalam realitanya, akuntansi keuangan ini memiliki berbagai macam pengertiannya berdasarkan para ahli:

Akuntansi keuangan adalah

pencatatan dan pelaporan data serta kegiatan ekonomi perusahaan. Walaupun, laporan tersebut menghasilkan informasi yang berguna bagi manajer, namun, hal itu juga menjadi milik utama bagi para kreditor, pemegang saham, lembaga pemerintah serta masyarakat umum. (Warren Reeve : 2008)

Akuntansi keuangan merupakan suatu pelaporan yang berorientasi terhadap pihak eksternal perusahaan. Dikarenakan hal itu mencakup mengenai data secara keseluruhan dalam rentang waktu satu tahun atau lebih, yang dijadikan sebagai landasan dalam penyusunan laporan – laporan keuangan selanjutnya. (Martani : 2012)

Akuntansi keuangan merupakan suatu sistem yang mengatur berbagai macam pencatatan transaksi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan hingga penyusunan laporan keuangan mengenai transaksi yang telah terjadi.

Akuntansi keuangan adalah pihak penghubung perusahaan dengan pihak luar perusahaan seperti halnya para kreditor, pemegang saham, serta pemasok dana. Hal itu terjadi dikarenakan akuntansi keuangan ini mengurusi bidang transparansi keuangan perusahaan secara menyeluruh untuk dijadikan sebuah bentuk laporan utuh siklus transaksi keuangan.

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa, akuntansi keuangan adalah sistem pelaporan pertanggung jawaban dalam pengelolaan keuangan perusahaan atau organisasi secara utuh yang sifatnya lebih subyektif terhadap pola transaksi yang terjadi. Sehingga kebutuhan valid data sangat diperlukan.

Hal ini tidak hanya terjadi dalam satu bidang saja, namun secara menyeluruh yang pada nantinya hasil rekapan keuangan tersebut dijadikan satu bendel utuh pola siklus keuangan perusahaan selama satu tahun penuh.


Baca Juga :