CONTOH KESALAHAN DALAM ETIKA BISNIS

CONTOH KESALAHAN DALAM ETIKA BISNIS

CONTOH KESALAHAN DALAM ETIKA BISNIS

CONTOH KESALAHAN DALAM ETIKA BISNIS

Saat ini orang lebih tertarik dalam melakukan bisnis online. Namun, terkadang dalam menjalankan suatu bisnis online ini, banyak orang yang tidak memperhatikan etika dan melakukan beberapa kesalahan sepele yang bisa berakibat fatal. Contoh kesalahan dalam etika bisnis tersebut adalah:

1. BOM SMS ATAU PESAN SINGKAT

Saat ini mengirimkan pesan singkat atau SMS banyak dilakukan oleh pelaku bisnis untuk melakukan promosi. Namun, seringkali media ini menjadi suatu hal yang dapat mengganggu konsumen. Apalagi jika anda menggunakan media SMS secara berulang-ulang, bisa jadi pelanggan anda akan merasa terganggu dan akibatnya anda akan kehilangan pelanggan.

2. MELAKUKAN TINDAKAN SPAMMING

Tindakan spamming seperti melakukan promosi di berbagai kolom komentar suatu postingan di sosial media sangat mengganggu orang yang membacanya. Apalagi jika anda melakukannya di suatu postingan yang tidak ada hubungannya dengan bisnis anda. Hal ini tentu justru bisa menyebabkan kehilangan kredibilitas dari bisnis yang anda miliki.

3. MELAKUKAN TAG SECARA ACAK

Melakukan tag pada orang lain memang akan menyebabkan orang membaca apa yang anda tawarkan dalam bisnis anda. Tetapi hal ini juga dapat menyebabkan orang yang tag menjadi terganggu dan bisa jadi mereka memblock sosial media yang anda miliki. Jika sudah demikian tentu anda justru akan semakin kehilangan pelanggan.

4. MENGGUNAKAN FOTO PRODUK LAIN

Siapa yang tidak kesal jika mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan yang ditawarkan di awal. Hal ini sering terjadi dalam bisnis online. Bisnis online yang seperti ini tentu tidak akan bertahan lama dan tidak mendapatkan kepercayaan dari para pelanggannya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa prinsip kejujuran harus dipegang dalam menjalankan suatu bisnis. Jika anda menggunakan foto produk lain untuk menawarkan barang yang anda jual, tentu hal ini melanggar prinsip dalam etika bisnis.

5. TIDAK AKTIF DAN TIDAK KREATIF

Salah satu syarat yang harus dimiliki jika anda ingin mengembangkan bisnis adalah adanya kreativitas dan inovasi yang dimiliki dalam setiap aktivitas bisnis. Ketika kreativitas dan inovasi sudah dimiliki dalam dunia bisnis, maka tentunya suatu bisnis akan terus berkembang dan selalu eksis dalam masyarakat. Kreativitas ini juga diperlukan untuk bersaing dengan para pemilik bisnis lain yang serupa.


Sumber: https://www.malinoputra.co.id/my-talking-dog-apk/