Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Tak Berkategori

Air Tawar

Air Tawar

Air Tawar


Air Permukaan

Yaitu air yang berada di permukaan bumi yang terdiri dari :
– sungai, aliran air tawar yang bermuara ke danau, laut, atau sungai lain
– danau, cekungan/lembah yang digenangi oleh air tawar di tengah daratan
– rawa, permukaan bumi yang rendah yang digenangi oelh air tawar.
Air permukaan digunakan untuk sumber air bersih, pertanian, perikanan, sumber tenaga listrik, sarana olah raga dan rekreasi. Kualitas air permukaan dapat menurun karena adanya pencemaran. Pencemaran air permukaan sangat merugikan karena air menjadi berkurang kemanfaatannya dan dapat membunuh biota air. Pembuangan limbah ke badan air permukaan adalah penyebab terjadinya pencemaran air permukaan. Karena pentingnya kegunaan air permukaan ini maka perlulah dijaga kualitasnya.

Air Tanah
Air tanah adalah air yang terletak di dalam tanah . Berdasarkan letaknya air tanah dapat dibedakan menjadi air tanah dangkal dan air tanah dalam.
.
Air Tanah Dangkal, terletak dekat dengan permukaan tanah, merupakan air yang dapat diserap oleh tanaman. Air ini dapat menjadi sumber air bagi manusia, tetapi cepat kering karena letaknya di permukaan dan mudah menguap.
Air Tanah Dalam, terletak di antara dua lapisan tanah yang kedap air. Air ini sulit menguap, dapat dimanfaatkan manusia dengan menggunakan pompa sumur dalam.
Pengambilan air tanah yang berlebihan karena adanya ledakan penduduk mengakibatkan sumur menjadi kering sebelum sempat tergantikan. Hal ini dapat berakibat adanya penurunan tanah ataupu adanya intrusi air laut.

3.2.Air Laut (air asin)
Air laut merupakan gabungan berbagai macam air yang mengalir dan bermuara ke laut. Air laut juga mengandung berbagai jenis garam-garam mineral. Air laut dapat menjadi habitat berbagai biota laut, sarana transportasi maupun rekreasi. Menurut kedalamannya air laut dibedakan menjadi :

– Wilayah pasang surut, wilayah laut yang kering saat air surut, mencakup daerah pantai yang merupakan ekosistem yang dihuni oelh berbagai jenis biota laut seperti udang, kepiting, dan ikan-ikan kecil.
– Wilayah laut dangkal, wilayah laut hingga kedalaman 150 m, paling kaya berbagai jenis ikan dan biota laut yang sangat bermanfaat bagi manusia dan ekosistem.
– Wilayah laut dalam, wilayah laut dengan kedalaman 150 m-1.800m, sulit ditembus sinar matahari sehingga biotanya semakin berkurang keanekaragamannya
– Wilayah laut sangat dalam, wilayah laut pada kedalaman lebih dari 1.800 m dengan suasana gelap, tekanan tinggi, sehingga makhluk hidup sangat sedikit.

Ekosistem air laut dapat mengalami kerusakan akibat ulah manusia sperti pemomban, pencemaran, dll. Hal ini dapat menurunkan kualitas air laut dan bisa mematikan berbagai biota air laut. Hal ini akan merugikan manusia sendiri.

Akhir Masa Demokrasi Liberal di Indonesia.

 

Categories:
Tak Berkategori
You Might Also Like