Alternatif Kopi Biji Salak

Alternatif Kopi Biji Salak

Alternatif Kopi Biji Salak

Alternatif Kopi Biji Salak
Alternatif Kopi Biji Salak

1.  Klasifikasi Biji Buah Salak

Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa di makan. Ia dikenal juga sebagai salak. Dalam bahasa inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah salacca zalacca. Buah salak termasuk spesies S.zallaca, genus Salacca, famili Arecaceae, ordo Arecales, kelas Liliopsida, divisi Magnoliophyta, dan kerajaan plantae.
Palma berbentuk perdu atau hampir tidak berbatang, berduri banyak, melata, dan beranak banyak, tumbuh menjadi rumbun yang rapat dan kuat. Batang menjalar di bawah atau di atas tanah, membentuk rimpang, sering bercabang, diameter 10-15 cm. Daun majemuk menyirip, panjang 3-7 cm, tangkai daun, pelepah, dan anak daun berduri panjang, tipis dan banyak, warna duri kelabu dan kehitaman. Anak daun berbentuk lanset dengan ujung meruncing, berukuran sampai 8 x 85 cm, sisi bawah keputihan oleh lapisan lilin. Karangan bunga jantan kebanyakan berumah dua (dioesis), terletak dalam tongkol majemuk yang muncul di ketiak daun, bertangkai, mula-mula tertutup oleh selundang, yang belakang mengering dan mengurai menjadi serupa serabut. Tongkol bunga betina 20-30 cm, bertangkai panjang, terdiri atas 1-3 bulir panjang mencapai 10 cm. Buah tipe buah batu berbentuk segitiga agak bulat atau bulat telur terbalik, runcing di pangkalnya dan membulat di ujungnya, panjang 2,5-10 cm, terbungkus oleh sisik berwarna kuning coklat sampai coklat merah mengkilap yang tersusun seperti genting, dengan banyak duri kecil yang mudah putus di ujung masing-masing sisik. Dinding buah tengah (sarkotesta) tebal berdaging, kuning krem sampai keputihan, berasa manis, masam atau sepat.
     Secara ilmiah belum ada penelitian yang membuktikan klasifikasi dan kandungan yang terdapat di dalam biji salak. pada umumnya, buah salak memiliki 1-3 butir, dengan warna yang coklat hingga kehitaman, keras, 2-3 cm panjangnya.

2.      Manfaat Biji Buah Salak

Salak banyak memiliki banyak manfaat. Terutama pada zat polifenol. Polifenol adalah kelompok zat kimia yang ditemukan pada tumbuhan. Zat ini memiliki tanda khas yakni memiliki banyak gugus fenol dalam molekulnya. Polifenol berperan dalam memberi warna pada suatu tumbuhan seperti warna daun saat musim gugur.Pada beberapa penelitian disebutkan bahwa kelompok polifenol memiliki peran sebagaiantioksidan yang baik untuk kesehatan. Antioksidan polifenol dapat mengurangi risikopenyakit jantung dan pembuluh darah dan kanker.  Terdapat penelitian yang menyimpulkan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Polifenol dapat ditemukan pada kacang-kacangan, teh hijau, teh putih, anggur merah,anggur putih, minyak zaitun dan turunannya, cokelat hitam, dan delima.Kadar polifenol yang lebih tinggi dapat ditemukan pada kulit buah seperti pada anggur,apel, dan jeruk.
Baca Artikel Lainnya: