Bagian-Bagian Kromosom Lengkap

Bagian-Bagian Kromosom Lengkap

Bagian-Bagian Kromosom Lengkap

Bagian-Bagian Kromosom Lengkap
Bagian-Bagian Kromosom Lengkap
Bagian-bagian dari kromosom Secara umum bagian-bagian dari kromosom ialah sebagai berikut:

Kromonema

Di dalam kromosom terdapat pita bentuk spiral Ɣªήԍ oleh vejdovsky (1912) diberi nama kromonema (jamak:kromonema).

Kromomer

Kromonema memepunyai penebalan-penebalan di beberapa tempat, yang disebut kromomer. Beberapa ahli sel menganggap kromomer ini sebagai bahan nukleoprotein yang mengendap.

Sentromer

Bentuk dari kromosom ditentukan oleh bentuk sentromer. Didalam sentromer terdapat granula kecil yang dinamakan sferul. Ada sentromer yang mempunyai diameter 3u dan sferulnya 0,2u. Kromonema berhubungan dengan sferul dari sentromer. Kromosom dari kebanyakan organisme hanya mempunyai sebuah sentromer saja, maka disebut kromosom monosentris. Kromosom dengan dua sentromer disebut kromosom disentris, sedang yang mempunyai banyak sentromer disebut kromosom polisentris.

Lekukan ke dua

Lekukan kedua dapat mempunyai peranan penting, yaitu menjadi tempat terbentuknya nukleolus intinya intinya inti sel) dan karena itu di sebut juga pengatur nukleolus.

Telomer

ialah bagian dari ujung-ujung. Kromosom yang menghalang-halangi bersambungnya kromosom satu dengan kromosom lainnya.

Satelit

ialah bagian yang merupakan tambahan pada ujung kromosom. Tidak setiap kromosom memiliki satelit. Kromosom yang memiliki satelit dinamakan satelit kromosom.

Bahan yang menyusun kromosom ialah kromatin. Bagian kromosom yang tidak padat dan membawa gen-gen disebut eukromatin, sedang bagian lainnya yang tetap padat disebut heterokromatin.