Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton Yang Tepat

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton Yang Tepat

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton Yang Tepat

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton Yang Tepat
Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton Yang Tepat
Budidaya ikan nila di kolam beton adalah satu diantara cara yang paling gampang untuk lakukan budidaya. Seperti yang kita kenali , ikan nila adalah satu diantara ikan air tawar yang memiliki rasa yang manis dan gurih serta umum jadikan juga sebagai menu olahan ikan sebagai favorite. Melaksanakan budidaya ikan nila dengan memakai kolam beton sangatlah untungkan serta dapat jadikan juga sebagai usaha yang menjanjikan keuntungan. Cara Budidaya ikan nila ini dapat dikerjakan dalam taraf kecil atau rumahan serta dapat dikerjakan dalam taraf besar dengan jumlah kolam yang banyak juga.
Pemudidayaan ikan nila di kolam beton sendiri dapat dikerjakan dengan tiga cara yakni lewat cara pemeliharaan tunggal , pemeliharaan kombinasi , serta pemeliharaan yang jadikan satu dengan pemeliharaan ayam. Dari ketiga langkah tersebut sangatlah efisien untuk membudidayakan ikan nila , untuk pemeliharaan kombinasi baiknya ikan nila tak digabung dengan ikan predator atau pesaing dari ikan nila tersebut. Dalam pemeliharaan taraf rumahan dapat pula ikan nila dibudidayakan dengan cara balongyam atau jadikan satu dengan pemeliharaan unggas seperti ayam serta bebek. Cara budidaya ikan discus di kolam rumah sangatlah dianjurkan untuk pemeliharaan kombinasi. Sedang untuk taraf besar pakai cara atau cara pemeliharaan tunggal.

Bagian Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton

Bagian Persiapan Lahan Kolam

Persiapan yang dikerjakan yaitu bikin kolam serta bersihkan kolam beton yang bakal jadikan juga sebagai tempat budidaya. Kolam yang telah jadi dikeringkan lalu dikerjakan pengapuran. Sesudah sistem pengapuran , kerjakan pemupukan dengan memakai pupuk kandang. Baru di isi air serta penyemprotan pestisida. Lalu masukkan air hingga 150 cm serta tutup saluran masuk serta keluar. Biarlah air tergenang sepanjang 1 minggu.

Bagian Pembenihan

Sesudah persiapan serta air telah dilewatkan sepanjang 7 hari tergenang , langkah setelah itu dalam budidaya ikan nila di kolam beton yaitu lakukan pembenihan. Benih yang disebar memiliki ukuran 8 hingga 12 ekor dengan kepadatan optimal 10 ekor untuk tiap-tiap mtr. perseginya.

Bagian Pemeliharaan

Pada step pemeliharaan pakan ikan nila mesti di perhatikan. Pakan paling utama ikan nila yaitu yang alami berbentuk dedak , pelet ikan , ampas kelapa , serta bekas makanan. Makanan penambahan juga dibutuhkan. Komposisi pakan ikan yang disarankan untuk ikan nila yakni 30% protein , 70 lemak serta 63% karbohidrat.

Bagian pemanenan

Pemanenan ikan nila dapat dikerjakan bertahap maupun sekalian. Untuk panen sekalian dapat dikerjakan dengan mengeringkan kolam lantas diserok. Bila tak seluruhnya dapat lewat cara mengosongkan kolam hingga 1/2 penuh baru dipanen.
Empat langkah ini selalu berjalan , bila telah panen maka mesti diulangi dari bagian persiapan. Yang butuh diwaspadai saat lakukan budidaya ikan nila di kolam beton yaitu penyakit yang dapat menyerang ikan nila. Ini yaitu satu diantara permasalahan yang sangatlah serius serta harus diakukan dengan cepat. Umumnya penyakit yang muncul pada ikan nila karena sebab aspek sekitar lingkungan. Bila satu diantara ikan nila terserang penyakit jadi mesti dikerjakan pemberian antibiotik ke semua kolam serta ini memerlukan ongkos yg tidak murah. Untuk hindari hal sejenis ini , baiknya berikanlah keadaan yang baik pada kolam ikan nila.