Cara Memancing Gurita Yang Benar

Cara Memancing Gurita Yang Benar

Cara Memancing Gurita Yang Benar

Cara Memancing Gurita Yang Benar
Cara Memancing Gurita Yang Benar

Bagaimana cara memancing gurita yang benar? Gurita merupakan binatang moluska yang termasuk dalam kelas Cephalopoda dengan ordo Octopoda. Habitat utamanya terletak di terumbu karang di samudra. Gurita mempunyai delapan lengan yang digunakan untuk menangkap mangsa dan bergerak di dasar laut.

Di lingkungan alaminya, gurita biasanya memangsa kepiting dan rajungan. Itu sebabnya, umpan mancing yang dapat dipakai untuk menarik perhatian hewan ini harus berbentuk mirip kepiting/rajungan. Anda mampu membuatnya memakai bola kecil, cangkang asli, botol mineral, atau batok kelapa sebagai tubuh umpan. Jika beruntung, umpan berupa ikan-ikan kecil juga cukup ampuh untuk digunakan memancing gurita.

Sebaiknya memancing gurita dilakukan dari atas perahu, bukan dari tepi pantai. Dengan begini, Anda mampu membuat umpan hanyut mengikuti arus di atas terumbu karang sehingga umpan tersebut tampak seakan-akan hidup. Apabila sepot pemancingan memiliki arus yang cukup deras, Anda mampu melengkapi alat pancing dengan pelampung untuk menjaga kestabilan pergerakannya.

Bagaimana cara memancing gurita yang benar Simak Cara Memancing Gurita yang Benar

Handline yang sempurna digunakan saat sedang memancing gurita yakni benang mono yang berukuran 1.000 atau lebih

Hindari menggunakan benang yang berukuran kurang dari 1.000 karena meskipun kekuatannya cukup baik tetapi berisiko dapat menimbulkan jari-jari tangan Anda terlukai.

Tidak dianjurkan pula memakai joran ataupun benang PE

hiu megalodon – karena risiko umpan tersangkut di dengan terumbu karang sangatlah tinggi. Tips biar umpan tidak tersangkut yaitu Anda mampu menurunkan umpan hingga menyentuh dasar lalu angkat kembali sejauh 0,5-1 m dari atas karang. Begitu seterusnya Anda harus menggerakkan umpan secara naik dan turun dengan frekuensi yang berbeda-beda.

Apabila umpan terasa berat mirip tersangkut

ada dua kemungkinan yang terjadi pada umpan tersebut. Pertama yakni umpan benar-benar tersangkut dengan karang sehingga Anda harus menariknya secara hati-hati supaya umpan tetap dapat diselamatkan. Kedua yaitu umpan dimakan oleh gurita.

Jika ternyata gurita telah memakan umpan

Anda harus menarik benang dengan cepat kemudian menangkapnya menggunakan jaring serok. Bila sudah mahir, Anda pun dapat memegang episode kepala gurita biar tidak menyemburkan tinta yang dapat menimbulkan kapal menjadi kotor.

Setelah berhasil dipegang

Anda mampu melepaskan mata pancing dari tubuh gurita tadi. Setelah itu, masukkan gurita ke dalam karung dan ikat memakai tali dengan kuat. Jika ingin memasukkan gurita tersebut ke dalam coolbox, pastikan kotak penyimpanan ini memiliki penutup yang rapat. Sebab jikalau ada celah sekecil apapun, kemungkinan besar gurita yang telah Anda tangkap mampu melarikan diri.