Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Teknologi

Cara Memilih Internet Service Provider 

Cara Memilih Internet Service Provider 

Cara Memilih Internet Service Provider

Cara Memilih Internet Service Provider 
Cara Memilih Internet Service Provider

Karena banyaknya ISP yang ada, kita perlu memilih ISP yang memberikan layanan terbaik dan cocok bagi kita. Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih ISP. Kriteria tersebut adalah sebagai berikut.

a. Kecepatan transfer data

Dalam komunikasi diperlukan suatu proses transfer data, artinya mempertukarkan data-data antara dua buah komputer. Dalam perpindahan datadarisebuah komputer ke komputer lain memerlukan kecepatan transfer data. Kecepatan transfer data dari komputer server ke komputer lain sangat tergantung kepada kecepatan transfer data dari provider yang kita gunakan.

Satuan kecepatan transfer data adalah bit per second (bps), artinya jumlah bit data yang dipindahkan dari suatu komputer ke komputer lain dalam satu detik. Pada umumnya, ISP yang ada di Indonesia menggunakan modem yang mempunyai kecepatan 28,8 kbps atau 56 kbps.

b. Bandwidth

Bandwidth (disebut juga data transfer atau site traffic. adalah data yang keluar dan masuk/upload dan download ke account Anda. Bandwidth dapat juga diartikan sebagai lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang ditransfer. Semakin banyak data yang lewat, maka semakin lebar bandwidth. Contoh: Ketika Anda menerima/ mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima/dikirim adalah 4 KB.

Berarti secara teori untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB. Anda dapat mengirim 250.000 e-mail atau berbagai variasi antara kirim/ terima, misalnya 100.000 kirim dan 150.000 terima. Ini hanya contoh untuk penjelasan bandwidth. Pada kenyataannya, data yang keluar masuk ke account bisa datang dari pengunjung (yang mendownload halaman website ke PC-nya), atau Anda upload gambar/file ke account dan sebagainya.

Bandwidth/site traffic dihitung per bulan dan dapat dilihat di panel. Jika Anda mengenal Telkom Speedy, bandwidth ini cara kerjanya sama dengan Kuota di Telkom Speedy. Hanya saja yang menjadi acuan bagi perhitungan kuota Telkom Speedy adalah data yang keluar/masuk ke PC/Modem ADSL Anda, sedangkan di hosting acuannya adalah data yang keluar/masuk ke account.

Baca Juga:

Categories:
Teknologi
You Might Also Like