Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Tak Berkategori

Depresi dan Bunuh Diri

Depresi dan Bunuh DiriDepresi dan Bunuh Diri

Remaja dan orang dewasa lebih berpotensi untuk terkena depresi mayor dibanding anak anak, terutama pada usia 12 -15 y.o, dan remaja putri yang beranjak dewasa cenderung memiliki mood depresif lebih tinggi dari pada remaja laki laki. Akibatnya, remaja perempuan mengalami akumulasi perubahan dan pengalaman hidup pada tahun tahun sekolah menengah atas yang dapat meningkatkan depresi. Diantara yang dapat meningkatkan mood depresif remaja adalah :

  • Faktor keluarga yang tidak harmonis
  • Pertemanan sebaya
  • Lingkungan yang tidak kondusif

Sementara salah satu dampak dari depresi tersebut adalah bunuh diri, beberapa tahun terakhir fenomena bunuh diri merepukan salah satu penyebeb kematian paling tinggi di Amerika dan dibeberapa negara di Asia,diantara faktor yang mendorong mereka untuk bunuh diri selain akibat depresi itu sendiri diantaranya adalah rasa putus asa, rendah diri, rasa menyalahkan diri sendiri, rasa menjadi beban terhadap orang lain juga rasa kecewa terhadap kehidupan, cenderung lebih memiliki dorongan yang kuat untuk bunuh diri.

Untuk mengurangi tingkat depresi pada remaja , diantaranya dengan memberikan terapi kognitif, dengan mengingatkan mereka akan kemampuannya untuk bertahan hidup, mengkondisikan keadaan lingkungan agar sesuai dengan suhu psikologis anak, serta menjadi teman berbagi untuk remaja tersebut. Selain itu  berikut adalah beberapa program yang dapat menekan masalah remaja .

 

Categories:
Tak Berkategori
You Might Also Like