Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

pendidikan

Dukung Pengembangan Ekonomi Digital Lewat Roadmap E-Commerce

Dukung Pengembangan Ekonomi Digital Lewat Roadmap E-Commerce

Dukung Pengembangan Ekonomi Digital Lewat Roadmap E-Commerce

Dukung Pengembangan Ekonomi Digital Lewat Roadmap E-Commerce

DI era digitalisasi saat ini, cukup banyak masyarakat yang memanfaatkan teknologi sebagai sarana melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya bertransaksi dan berbelanja melalui dunia maya atau menggunakan internet.

Karenanya sebagai bentuk kebijakan pemerintah dalam penerapan e-commerce, kementerian perdagangan telah menyiapkan roadmap yang nantinya dapat menempatkan Indonesia menjadi yang terbesar di bidang ekonomi digital dan meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar dunia.

 

“Pembangunan industri digital berdampak besar bagi ekonomi secara

keseluruhan. Sekarang era digital, dan masyarakat sudah betul-betul menerapkan dinamika era digitalisasi ini,” kata Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Srie Agustina disela Pembukaan Diseminasi Kebijakan Perdagangan “Muda, Beda, dan Penuh Karya di Era E-Commerce” di Universitas Sriwijaya Palembang, Sabtu (6/4).

Ia menerangkan pemerintah menyiapkan roadmap e-commerce sebagai upaya mendukung pembangunan ekosistem industri e-commerce lokal agar Indonesia dapat menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

 

Disebutkan Srie, ada beberapa topik penting yang dicakup dalam roadmap

e-commerce ini diantaranya pendanaan (funding), perpajakan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, logistik, edukasi dan sumber daya manusia, serta keamanan siber (cyber security).

“Kita ingin memastikan pertumbuhan transaksi e-commerce dengan ekosistem e-commerce yang dapat dipercaya. Kami yakin Indonesia akan menjadi kekuatan penting dalam ekonomi digital dunia,” jelasnya.

Baca juga : Telkomsat Dorong Digitalisasi Industri Maritim Nasional

 

Menurutnya, penguatan ekosistem e-commerce dapat semakin

meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Apalagi, kata dia, melihat perkembangan dari beberapa negara besar di dunia.

Seperti Amerika yang terus mengembangkan internet, Rusia yang mengembangkan indusstri 4.0, atau pun Tiongkok yang nantinya akan menerapkan sistem yang lebih menghargai produk kreatif (handmade), kemudian Jepang yang lebih mengembangkan produk berbasis komunitas dan pengembangan budaya.

 

sumber :

https://teknosentrik.com/

Categories:
pendidikan
You Might Also Like