IKB Flobamora Wujud Kebhinekaan di Kota Bogor

IKB Flobamora Wujud Kebhinekaan di Kota Bogor

 

 

Flores, Sumba, Timor dan Alor

Mempererat ikatan silahturahmi dan persaudaraan antar keluarga besar warga Flores, Sumba, Timor dan Alor (NTT) yang tersebar di Kota maupun Kabupaten Bogor m, dibentuklah Ikatan Keluarga Besar (IKB) Flobamora. Deklarasi dilakukan Sabtu (04/03/2017) di Gedung Kemuning Gading, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor yang disaksikan Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, perwakilan dari  Kapolresta Bogor Kota, Danrem 061/Suryakancana, dan Ketua DPRD Kabupaten Bogor. 

Deklarasi Flobamora Bogor Agustinus Belle

Ketua Panitia Deklarasi Flobamora Bogor Agustinus Belle mengatakan, sebagai perantau tentunya akan lebih bagus jika saling mengeratkan ikatan antar orang NTT melalui IKB Flobamora ini. Generasi sebelumnya juga sudah memiliki ikatan sesama orang NTT yang kemudian diteruskan ke generasi selanjutnya. Pasalnya, Flobamora juga berfungsi sebagai wadah untuk menampung aspirasi warga NTT di Bogor. Selain itu, dengan keberadaan paguyuban ini, pihaknya ingin dapat bersinergi dengan pemerintah daerah.  “Sinergitas yang terjalin juga untuk turut serta dalam mewujudkan pembangunan di tiap wilayah Bogor,” ungkapnya. 

Pada kesempatan yang sama

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman mengatakan upaya ini sudah sekian lama digagas oleh inisiator-inisiator IKB Flobamora Bogor. Gagasan yang dibentuk, lanjut Usmar, bertujuan sebagai wadah untuk menyatukan seluruh keluarga Flobamora baik yang berada di Kota maupun Kabupaten Bogor. Pemerintah dan DPRD akan mendukung penuh berbagai kegiatan kelompok yang memberi kontribusi sekecil apapun dalam masyarakat.  “Sudah menjadi kewajiban di pemerintah membuka ruang seluas-luasnya agar masyarakat yang datang ke kota atau kabupaten betul-betul terakomodir dan memiliki peran,” jelasnya.

Usmar menambahkan

para perantau yang ikut dalam ikatan keluarga akan lebih mudah bersinergi dengan program pemerintah. Apalagi jika ada yang berminat jadi penduduk tetap. Secara keseluruhan masyarakat kota maupun kabupaten merupakan masyarakat yang majemuk. Ada berbagai ragam suku dengan kemajemukan ini. Pemerintah berharap lambat laun IKB Flobamora dapat menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Bogor dan Flobamora bisa berkontribusi terhadap pembangunan di Bogor.  “Dengan berdirinya IKB Flobamora, koordinasi bisa lebih mudah sesuai dengan kebhinekaan Indonesia. Terimakasih telah menjaga silaturahmi. Bersama-sama menjaga kondisi ditas di Kota Bogor,” pungkasnya.

 

Artikel terkait :