Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

pendidikan

JENIS-JENIS ORGANISASI INTERNASIONAL

JENIS-JENIS ORGANISASI INTERNASIONAL

JENIS-JENIS ORGANISASI INTERNASIONAL

JENIS-JENIS ORGANISASI INTERNASIONAL

Karena merupakan suatu bentuk badan atau lembaga yang di legalkan, maka terdapat pula macam-macam organisasi internasional. Macam organisasi internasional ini hadir dengan kepentingan dan tujuan yang berbeda-beda pula sesuai dengan dasar organisasi itu dibentuk.

Maka tidak heran jika di dunia ini banyak bertebaran organisasi internasional, berbagai badan atau lembaga tersebut juga memiliki peran penting di dalam masyarakat luas bahkan seluruh dunia, berikut beberapa macam organisasi internasional yang ada di dunia.

1. ASEAN

ASEAN atau Association of Southeast Asian merupakan organisasi internasional yang memiliki sifat regional. Yang dimaksud dengan regional adalahanggota ASEAN adalah negara yang hanya berlokasi di Asia Tenggara saja.

ASEAN terbentuk pada tanggal 8 Agustus 1967, perlu diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu anggota dari ASEAN. Selain memiliki kontribusi yang besar untuk organisasi ini, Indonesia adalah salah satu pelopor  pendiri ASEAN.

2. PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA (PBB)

Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB dapat dibilang merupakan organisasi internasional yang terbesar yang ada di dunia ini. PBB memiliki anggota sebanyak 193, yang terdiri dari berbagai negara di segala penjuru dunia.

PBB resmi berdiri pada tanggal 24 Oktbober 1945, tahun yang sama ketika Indonesia memproklamirkan diri sebagai bangsa yang merdeka. Pelopor PBB pada saat itu adalah Franklin Delano Roosevelt, Presiden Amerika Serikat dan Winston Churcill, Perdana Menteri Inggris.

3. KONFERENSI ASIA AFRIKA

Selain ASEAN, Indonesia juga merupakan anggota dari organisasi Konferensi Asia Afrika, pertama kali diadakan konferensi ini juga di Tanah Air, terpatnya di Kota Bandung. Peran Indonesia untuk KAA ini juga tidak kecil untuk mendukung Gerakan Non Blok.

Diselenggarakan di Kota Bandung pada 18 hingga 24 April 1955, Konferensi Asia Afrika dihadiri 29 kepala negara dan kepala pemerintahan yang ada di Benua Asia dan Afria yang pada saat itu juga telah memproklamirkan kemerdekaan mereka


Sumber: https://jpjeunet-siteofficiel.com/planetstorm-apk/

Categories:
pendidikan
You Might Also Like