Kesalahan yang lazim dalam mengidentifikasi pesaing

Kesalahan yang lazim dalam mengidentifikasi pesaing

Kesalahan yang lazim dalam mengidentifikasi pesaing

Kesalahan yang lazim dalam mengidentifikasi pesaing
Kesalahan yang lazim dalam mengidentifikasi pesaing

Mengidentifikasi pesaing merupakan hal yang penting dalam pengembangan strategi

Tetapi ini sarat akan ketidakpastian dan resiko yang tinggi. Sehingga timbul berbagai kesalahan dan harus dibayar dengan mahal oleh eksekutif.

 

Kesalahan-kesalahan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Terlalu memperhatikan pesaing yang ada dan sudah diketahui dan kurang memperhatikan calon pendatang baru
  • Terlalu memperhatikan pesaing besar dan mengabaikan pesaing kecil.
  • Mengabaikan pesaing internasional potensial.
  • Menganggap bahwa perilaku pesaing akan sama seperti pada masa-masa yang lalu.
  • Salah membaca isyarat yang mungkin menunjukkan aanya perubahan fokus pesaing atau penyempurnakan strategi atau taktik mereka.

Terlalu menekan pada aset sumber daya keuangan, posisi pangsa pasar

Menganggap semua perusahaan dalam industri menghadapi kendala dan memiliki peluang yang sama. Percaya bahwa tujuan strategi adalah mengalahkan pesaing, bukan memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Baca Juga :