Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Agama

Ketentuan Wudhu’

Ketentuan Wudhu’

Ketentuan Wudhu’

Ketentuan Wudhu’
Ketentuan Wudhu’

a. Niat Wudhu’

( niat berwuhdu’ tidak perlu dibunyikan / diucapkan )

b. Membaca basmallah

Membaca basmallah dilakukan dengan sir ( suara perlahan )

c. Memcuci tangan

Memcuci tangan sampai pergelangan tangan dengan menggosok-gosok sela-sela jari dengan jari-jari tangan lainnya untuk menghilangkan kotoran yang melekat.

d. Berkumur-kumur

Berkumur-kumur dilakukan tiga kali, dimaksudkan membersihkan mulut dari sisa makanan.

e. Membersihkan lubang hidung

Membersihkan lubang hidung dengan cara menghisap air dengan hisapan yang ringan dan mengeluarkan dengan hembusan nafas yang agak keras. Melakukan ini harus dengan hati-hati jangan sampai air terhisap.

f. Membasuh Muka

Membasuh bagian muka dan meratakannya dengan air. Yang dimaksud dengan bagian muka adalahdari batas tempat tumbuh rambut kepala sampai dagu dan bawah daun telinga kanan sampai bagian bawah daun telinga sebelah kiri. Sebanyak tiga kali.

g. Membasuh kedua tangan beserta kedua siku

Membasuh kedua tangan dan meratakannya dengan air, didahului dari tangan sebelah kanan baru sebelah kiri. Yang dimaksud dengan tangan ialah dari ujung jari sampai siku, meratakannya dengan telapak tangan dan dilakukan sebanyak tiga kali.

h. Mengusap kepala beserta daun telinga

Mengusap kepala dilakukan dengan cara mengambil air dengan tangan kemudian menyapukannya ke kepala dari bagian depan ke bagian belakang kemudian disapukan ke depan atau sebaliknya, dilanjutkan dengan meletakkan jari telunjuk atau jari tengah pada bagian dalam daun telinga dan ibu jari pada bagian belakang daun telinga, digerakkan dari bawah ke atas, sehingga bagian telinga luar dan dalam terbasuh air.

i. Membasuh kedua kaki beserta kedua mata kaki

Membasuh kaki dilakukan dengan menyiramkan air keseluruhan bagian kaki dengan rata, sekurang-kurangnya dari ujung kaki sampai dengan mata kaki.

j. Berdo’a sesudah wudhu’

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang soleh.

k. Tertip dalam mengerjakan wudhu’

Baca Juga:

Categories:
Agama
You Might Also Like