Manfaat ART Pulang Kampung Saat Lebaran

Manfaat ART Pulang Kampung Saat Lebaran

Manfaat ART Pulang Kampung Saat Lebaran

 

Manfaat ART Pulang Kampung Saat Lebaran

Lebaran merupakan momen berkumpul bersama keluarga yang tidak ingin dilewatkan oleh siapapun.

Maka dari itu, banyak orang rantauan yang rela pulang jauh ke kampung halamannya, untuk berkumpul bersama keluarga pada hari lebaran. Tak terkecuali Asisten Rumah Tangga (ART). Lalu, ada yang berubah saat ART mudik?

Banyak keluarga yang menggunakan jasa ART untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan rumah. Mulai dari memasak, bersih-bersih rumah, hingga menyuci pakaian, dilakukannya. Keluarga yang sudah terbiasa menggunakan jasa ART akan bergantung dan mengandalkan ART untuk pekerjaan rumah.

Jika lebaran tiba dan ART harus pulang kampung, banyak keluarga yang merasa kesulitan menangani pekerjaan rumah. Padahal banyak juga manfaat ART pulang kampung untung keluarga, diantaranya:

1. Melibatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga

Mudiknya ART dapat menjadi peluang kita untuk mengajarkan anak pentingnya tanggung jawab. Tidak harus membebankan anak dengan pekerjaan rumah tangga yang sulit. Cukup minta anak bertanggung jawab atas kamar tidurnya sendiri, seperti merapihkan tempat tidur setelah ia bangun, membereskan sampah di kamarnya, atau sekedar ikut mengganti seprei tempat tidurnya sendiri. Dengan ini anak akan merasa lebih memiliki rumah dan selalu ingin ikut menjaga kebersihan di rumah.

2. Masak bersama keluarga

Jika pada hari biasa kita disibukan dengan pekerjaan kantor, tidak ada salahnya sesekali menghabiskan waktu bersama keluarga dengan hal sederhana, salah satunya memasakan bersama. Memasak merupakan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama-sama. Hal ini akan mempererat kedekatan antar keluarga. Keluarga bisa memasak bersama atau membuat kue lebaran bersama diselingi dengan canda.

3. Piket mencuci

Pekerjaan rumah yang satu ini seringkali terasa berat bila dilakukan sendiri. Apalagi untuk orang yang tidak biasa mencuci. Selagi ART pulang kampung, Baraya Disdik Jabar bisa membagi-bagi pekerjaan mencuci dengan membuat jadwal piket. Misalkan, untuk piket mencuci baju hari senin adalah kakak, untuk piket mencuci piringnya ibu, dan seterusnya.

Dengan ini seluruh keluarga akan ikut bekerja sama dan pekerjaan kembali menjadi mudah. Jadi walaupun ART pulang kampung selama lebaran, banyak manfaat yang didapat oleh keluarga. Salah satunya ikut bertanggung jawab untuk rumahnya sendiri.

 

Artikel Terkait: