Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan, Kesehatan, Mengobati Penyakit

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan, Kesehatan, Mengobati Penyakit

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan, Kesehatan, Mengobati Penyakit

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan, Kesehatan, Mengobati Penyakit
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan, Kesehatan, Mengobati Penyakit

Jeruk nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah, Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, Yang berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, Dan memiliki diameter 3-6 cm, Memiliki rasa yang asam dan agak Kepahit-pahitan yang menyerupai rasa lemon. Jeruk nipis biasanya digunakan sebagai bahan penyedap makanan dan masakan, Namun siapa yang menyangka dari rasa yang asam tersebut jeruk nipis mengandung beberapa manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita.

Berikut di bawah ini adalah berbagai manfaat jeruk nipis untuk kecantikan dan kesehatan serta cara penggunanya.

  1. Menurunkan Demam/Panas Pada Saat Malaria

Sediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd). (Blumea balsamifera L). Dan 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl). Rebus semua bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, Di saring, Air saringan tersebut di bagi 2, Di minum pagi dan sore hari.

  1. Terkilir

3 buah jeruk nipis dimasak dan banyakkan airnya dibelah menjadi 2, Lalu masukkan kedalam poci lalu di seduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian tutup, Setelah dingin, diambil jeruknya lalu peras dan di saring. Kemudian tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini di pakai untuk mengurut bagian yang terkilir, Setelah itu minum 3/4 gelas air kelapa hijau yang muda. Lakukan 3 kali sehari.

  1. Pegal Linu

Cuci daun jeruk nipis, Daun ketepeng cina, Dan daun sambiloto (Masing-masing 1/3 genggam) Dan 10 lembar daun cabai rawit, Tumbuk semua bahan sampai halus, Dan rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasan dapat di gunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit (Pegal Linu).

  1. Mengobati Sakit Gigi

Campurkan air jeruk nipis dengan gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak, Masing-masing 1 sendok makan. Dan tambahkan 3/4 cangkir air garam kedalamnya. Kemudian aduk rata, Kemudian peras ramuan tersebut dan di saring. Gunakan air saringan untuk berkumur selama beberapa menit, dan buang. Lakukan 4-6 kali sehari.

  1. Ambeien

Sediakan sebanyak 10 gram akar pohon jeruk nipis di cuci bersih, Kemudian rubus dengan 1 liter air selama 1/2 jam, Lalu di saring, Di minum selagi Hangat-hangat 3 kali sehari.

  1. Amandel

Sediakan 3 kulit jeruk nipis di cuci bersih, Di Potong-potong kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, di saring, Air tersebut di pakai untuk berkumur-kumur, Lakukan 3-4 kali sehari.

  1. Anyang-anyangan

Dua jeruk nipis di cuci bersih, Di peras lalu di beri gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas, Diaduk Hangtat-hangat, lalu minum sekali sehari.

  1. Batuk

Satu jeruk nipis di cuci bersih, Di peras, kemudian dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu saring, diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu, diaduk hingga rata, Di minum 1 kali sehari sampai sembuh.

Sumber: https://www.bertani.co.id