Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Umum

Manfaat Vitamin B2 (Riboflavin)

Manfaat Vitamin B2 (Riboflavin)

Manfaat Vitamin B2 (Riboflavin)Manfaat Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin ini akan hilang dari bahan makanan tertentu apabila bahan makanan tersebut dibiarkan terkena cahaya matahari. Selain Berfungsi juga menjaga metabolisme dalam tubuh agar tubuh tetap sehat. kekurangan vitamin B2 menjadikan diri sulit beraktivitas dengan maksimal. Selain itu vitamin B2 ini juga mampu membantu proses pembentukan sel darah merah. Vitamin B2 ini penting untuk Anti Karsinogen, karsinogen ini jika terlalu banyak dapat menyebabkan kanker (karsinogen biasanya terdapat sebagai bahan pengawet makanan.

Manfaat Vitamin B2 (Riboflavin)

Manfaat Vitamin B2 (Riboflavin)
Riboflavin bermanfaat sebagai koenzim dan esensial dalam pemindahan energi di tubuli, juga penting dalam metabolisme protein. Di tubuh, riboflavin berfungsi sebagai bagian dari berbagai susunan enzim. Enzim tersebut adalah flavoprotein dan biasanya disebut pula sebagai enzim kuning, karena warna kuningnya yang disebabkan oleh gugusan flavin. Satu atau lebih enzim kuning dibutuhkan bersama-sama dengan koenzim I atau koenzim II di dalam katabolisme (pemecahan) glukosa untuk memperoleh energi yang berguna untuk proses-proses tubuh.

Riboflavin juga merupakan bagian dari enzim-enzim oksidase yang berfungsi pada tingkatan terakhir metabolisme protein dan merupakan bagian dari xantin oksidase yang menyangkut metabolisme purin.

Riboflavin juga merupakan bagian dari molekul FAD (Flavin Adenin Dinukleotida) dan FMN (Flavin Mononukleotida), yang keduanya merupakan koenzim (bagian enzim yang sangat membantu kerja enzim), berperan pada reaksi pembentukan asam fumarat dari asam suksinat dengan enzim suksinat dehidrogenase. Selain itu, riboflavin juga merupakan bagian penting enzim monoamin oksidase dan glukonolaktonoksidase. FAD membantu enzim suksinat dehidrogenase, dalam merubah suksinat menjadi fumarat.

Diketahuinya peranan dasar dari riboflavin dalam melepaskan energi makanan dan asimilasi zat-zat makanan, maka dapat dimengerti mengapa defisiensi riboflavin menimbulkan gejala-gejala yang sangat bervariasi pada setiap spesies.

Sumber Vitamin B2 (Riboflavin)

Sayuran, hati, daging, telur dan susu merupakan sumber riboflavin bagi manusia. Riboflavin disintesis oleh ragi, jamur dan bakteri autotrofik, tidak disintesis oleh hewan, akan tetapi mikroorganisme di dalam usus bisa memberikan sumbangan penting bagi kebutuhan hewan, terutama pada ruminansia. Produksi riboflavin oleh industri fermentasi dengan jasa bakteri tertentu dari susu, molase atau substrat lainnya yang dapat difermentasi, merupakan sumber komersial penting untuk vitamin tersebut, terutama untuk kebutuhan ternak. Vitamin tersebut dibuat pula secara sintetis kimiawi dalam jumlah besar.

Riboflavin diperlukan dalam respirasi sel, sehingga sangat dimungkinkan vitamin tersebut terdapat dalam semua sel tumbuh-tumbuhan dan hewan. Pada tumbuhan, tempat riboflavin dibuat tidak diketahui, namun konsentrasi terbesar vitamin tersebut terdapat di daun.

 

Sumber: https://desaingrafis.co.id/ada-bahasa-indonesia-di-peluncuran-global-samsung-galaxy-note-8/

Categories:
Umum
You Might Also Like