Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

PerkebunanPertanian

Motif Perusahaan Multinasional

Motif Perusahaan Multinasional

Motif Perusahaan MultinasionalMotif Perusahaan Multinasional

Perusahaan multinasional memiliki tiga dasar motif utama dalam pendirian dan perkembangan perusahaan tersebut. Motif-motif tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Motif Mencari Bahan Baku (Raw Material Seeker)

Perusahaan multinasional memperluas usahanya dalam rangka mencari bahan baku dan menjual produknya ke luar negeri.

  1. Motif Mencari Pasar (Market Seeker)

Setelah terpenuhinya pasar dalam negara tersebut (pasar domestik), perusahaan multinasional berusaha mencari pasar-pasar baru untuk memasarkan produknya. Hal ini dapat memperluas jangkauan pemasaran barang tersebut.

  1. Motif Meminimumkan Biaya (Cost Minimizer)

Perusahaan multinasional memperluas usahanya (go international) karena ingin memanfaatkan keunggulan yang dimiliki oleh negara lain dan memperoleh beberapa keringanan. Keringanan tersebut dapat berupa pembebasan pajak, melakukan transfer price, memperoleh biaya tenaga kerja yang murah, meminimumkan biaya investasi, harga tanah murah, biaya pengolahan limbah dengan syarat ringan, menghindari adanya batasan kuota, dan pelayanan purna jual cepat.

 

 

Categories:
Perkebunan Pertanian
You Might Also Like