Museum Majapahit dan Hari Kartini di Museum Majapahit Trowulan

Museum Majapahit dan Hari Kartini di Museum Majapahit Trowulan

Museum Majapahit dan Hari Kartini di Museum Majapahit Trowulan

Museum Majapahit dan Hari Kartini di Museum Majapahit Trowulan

MOJOKERTO

Pada hari jadinya yang ke 90 Tahun pada tanggal 24 April 2014 sekaligus untuk memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2014, Museum Majapahit mengadakan beberapa rangkaian acara yang diselenggarakan untuk memeriahkannya.

Acara tersebut diadakan selama dua hari pada tanggal 26 dan 27 April 2014. Pada tanggal 26 April 2014 Museum menyelenggarakan pawai pakaian adat untuk memperingati hari kartini dan HUT Museum Majapahit. Acara ini bekerjasama dengan Paguyuban TK Gugus Trowulan dengan Museum Majapahit. Pawai diikuti oleh 5 sekolah Taman Kanak-Kanak dan 3 grup drum band. Peserta yang mengikuti acara pawai ini yaitu Playgroup dan TK Dharma Wanita Desa Trowulan, TK Kencana Desa Sentonorejo, TK Roudhotul Hidayah Desa Pakis, TK Taruna Harapan Desa Pakis dan TK Teratai Desa Pakis. Sedangkan drum band diisi oleh grup “Suara Bahana” dan “Gita Nada” dari SDN Trowulan serta . Grup “Swara Tunas Mulia” dari TK Dharma Wanita Trowulan.

Pawai kartini

Dalam acara pawai busana kartini ini juga dinilai kekompakan dan keserasian setiap tampilan grup pawai yang ditampilkan, berdasarkan penilaian juri akhirnya Pawai Hari Kartini pagi ini dimenangkan oleh TK Taruna Harapan Desa Pakis, Juara II oleh TK Roudhotul Hidayah Desa Pakis, Juara III diberikan kepada TK Dharma Wanita Desa Trowulan. Sedangkan Juara Harapan I diraih oleh TK Kencana Desa Sentonorejo dan Juara Harapan II diberikan kepada TK Teratai Desa Pakis. Para pemenang mendapatkan trophy, piagam penghargaan dan hadiah menarik dari Museum Majapahit. bisa dikatakan acara untuk hari pertama dalam memperingati hari kartini dan HUT Museum Majapahit di Museum Majapahit berjalan dengan baik dan lancar.

Even hut 90

Kemudian Untuk hari kedua pada tanggal 27 April 2014, Museum mengadakan lomba mewarnai yang diikuti oleh lebih dari 500 Siswa-siswi dari Tk Kabupaten Mojokerto. Penilaian dalam lomba mewarnai ini yang dinilai adalah dalam teknik pewarnaan dan kreativitas anak dalam gradiasi pewarnaan. Pengumuman pemenang langsung diumuman 2 Jam setelah lomba dilaksanakan. Pemenang mendapatkan Trophy, Sertifikat, Uang Pembinaan dan Product dari Sponsor. Anak-anak yang berprestasi yang keluar menjadi pemenang dalam lomba mewarnai adalah ananda Devi kelas Tk. B dari sekolah TK Dharma Wanita Jambuwok Mojokerto sebagai juara I, ananda Hafiz Jabbaru kelas TK B sekolah TK Kartika Mojokerto sebagai juara II, ananda Bila Kelas TK B dari sekolah TK Dharma Wanita Jambuwok Mojokerto sebagai juara ke III, ananda M.Agung Raza Prabowo Kelas TK B sekolah TK Dewi Sartika Kajagan Wonoasri sebagai Juara Harapan I, dan ananda Tahnia Kelas TK B sekolah TK Negeri Pembina Modongan sebagai Juara Harapan II.

Dalam kesempatan yang sama pula diumumkan juara-juara lomba foto unik yang telah digelar selama sebulan, sangat ketat persaingan dalam menentukan para pemenang dari lomba kali ini, banyak yang terkecoh pada tema dan juga ketentuan persyaratan yang telah ditentukan panitia. “Banyak foto yang bagus yang diterima dari kamera yang paling mahalpun ada, namun bukan itu syarat utama penilaian pada penjurian, kalaupun ada pemenang dari hasil kamera mahal sekalipun, itupun dilihat dari tema pula dia memenuhi syarat atau tidak, kalau tidak ya tetap tidak lolos.” komentar salah satu juri lomba foto mengungkapkan. meskipun sangat alot dalam menentukan pemenang, akhirnya diperoleh pemenangnya, yakni Ananda Nawfal Dany Firdaus sebagai Juara I dengan judul foto “Melompat” yang diambil dari kamera DSLR, Ananda Muhammad Ganendra Prasetiyo sebagai Juara ke II dengan judul foto “Aku Pembalap” yang diambil dengan kamera Ponsel, ananda Ilham Muhammad Yusuf sebagai Juara ke III dengan judul foto “Fashion Show Hari Kartini” yang diambil dari kamera Pocket dan ananda Mashlin Nazwa Diyah sebagai Juara Harapan dengan judul foto “Terbelenggu” yang diambil dari kamera Ponsel.

Pengumuman lomba foto sekaligus menjadi puncak acara. Acara ini bersifat berkelanjutan tiap tahunnya sama dengan acara “Gaung Sakalah Bhumi Majapahit” yang diselenggarakan setiap bulan November dan acara itu sebagai icon even tahunan Museum Majapahit selama ini.

Sebuah acara dapat terselenggara dengan baik dan lancar tidak lain karena sebuah dukungan

Selain Drs. Aris Soviyani, S.H, M.Hum selaku Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Mojokerto wilayah kerja Provinsi Jawa Timur yang mendukung sepenuhnya acara ini berlangsung juga terdapat beberapa sponsor partner yang selama ini setia mendukung even-even yang diselenggarakan oleh Museum Majapahit mereka adalah Kemendikbud RI, Disporabudpar Kabupaten Mojokerto, 3D Majapahit, Yamaha Merdeka Jaya Motor, Indosat, TV Edukasi, Radio Suara Pendidikan Jombang, JNE, Mayora, Forissa, Kusuma Agro Industri, So Good Food, Panin Bank, Staf BPCB Mojokerto dan seluruh staf Museum Majapahit khususnya dan semua pihak yang telah mendukung acara ini dari awal hingga acara selesai dengan baik dan lancar.(un)

 

Sumber : https://www.dosenpendidikan.co.id/