Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

pendidikan

Opportunities (Peluang)

Opportunities (Peluang)

Opportunities (Peluang)

Peluang adalah suatu kondisi keadaan atau lingkungan eksternal yang menguntungkan bahkan menjadi formulasi dalam dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Hal-hal yang menjadi peluang dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah aliyah kelas XI tersebut meliputi:

  1. Memberi peluang peserta didik untuk menjadi lebih humanis, untuk mempertinggi harkat manusia merupakan dasar filosofi, dasar teori, dasar evaluasi dan dasar pengembangan program pendidikan.
  2. Memberi ibrah pelajaran untuk mewujudkan dalam amal perbuatan, serta dalam rangka membangun sikap terbuka dan toleran atau semangat ukhuwah Islamiyah dalam arti luas.
  3. Secara historis dan realitas, mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, bahkan merupakan komunitas muslim terbesar di seluruh dunia. Ini adalah peluang yang sangat strategis bagi pentingnya meningkatkan pengembangan materi Aqidah Akhlak di lembaga-lembaga pendidikan Islam.

 

  1. Threats (ancaman atau hambatan).

Ancaman merupakan kebalikan dari sebuah peluang, ancaman meliputi faktor-faktor lingkungan atau faktor-faktor laiannya yang tidak menguntungkan bagi sebuah Mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI. Jika sebuah ancaman tidak ditanggulangi maka akan menjadi sebuah penghalang atau penghambat bagi maju dan peranannya sebuah lembaga pendidikan itu sendiri. Contoh faktor yang menjadi ancaman tersebut adalah minat peserta didik baru yang menurun, motivasi belajar peserta didik yang rendah, kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan tersebut dan lain-lain. Hal-hal yang menjadi ancaman dalam pembelajaran Aqidah Akhlak meliputi:

  1. Kurangnya waktu atau waktu yang disediakan terbatas sedang materi begitu padat dan memang penting sering kali tidak dapat disampaikan secara maksimal, oleh karena itu waktu yang disediakan hendaaknya bisa lebih panjang.
  2. Antara harapan dan kenyataan Aqidah Akhlak di MA kelas XI memang kurang ideal karena kebanyakan para pendidik menggunakan metode ceramah dan hafalan yang berakibat pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik hanya terbatas.
  3. Sedikitnya guru profesional yang benar-benar mendalami materi Aqidah Akhlak atau ketidak sesuaian materi yang diajarkan dengan keilmuan yang dipelajari sewaktu menempuh program sarjana. Hal ini merupakan kelemhan dan sekaligus ancaman terhadap materi pelajaran Aqidah Akhlak
  4. Penggunaan metode yang tidak efektif dan efisien yang menimbulkan kejenuhan belajar pada siswa.

sumber :

Joe Dever’s Lone Wolf Complete 1.00 Apk

Categories:
pendidikan
You Might Also Like