Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Tak Berkategori

Pandangan Terhadap Manusia

Pandangan Terhadap Manusia

Pandangan Terhadap Manusia

Pandangan Terhadap Manusia

Teori Rostow termasuk dalam kategori ‘teori-teori pembangunan’ dan juga ‘teori-teori modernisasi’.

Pandangan teori ini terhadap manusia adalah bahwa manusiaadalah aktor utama dalam pembangunan itu sendiri yang merupakan syarat nonekonomi. Manusia disini adalah sumber daya manusia yang dimiliki oleh negaratersebut dalam melaksanakan dan mengelola pembangunan tersebut.

  1. Pandangan Terhadap Masyarakat

Dalam teori Modernisasi dikotomi masyarakat tradisonal dan modern sangat jelas terlihat, disebutkan bahwa hanya negara yang masyarakatnya telah menuju kearah modern yang bisa melaksanakan pembangunan secara berkesinambungan. Menurut Rostow, dalam hal mengenai perubahan dari tahap tradisional ke arah industrial sebagai syarat pembangunan dan kemajuan, pembangunan ekonomi atau proses transformasi masyarakat dari tahap tradisional menjadi masyarakat modern merupakan suatu proses yang multi-dimensional. Pembangunan ekonomi bukan berarti perubahan struktur ekonomi suatu negara yang ditunjukkan oleh menurunnya peranan sektor pertanian dan meningkatnya peran sektor industri saja. Perubahan yang dimaksud selain dari perubahan struktural dari tradisionalitas menuju modernitas, dapat digambarkan sebagai berikut:

  1. Perubahan orientasi organisasi ekonomi, politik, dan sosial yang pada mulanya berorientasi kepada suatu daerah menjadi berorientasi ke luar.
  2. Perubahan pandangan masyarakat mengenai jumlah anak dalam keluarga, yaitu dari menginginkan banyak anak menjadi keluarga kecil.
  3. Perubahan dalam kegiatan investasi masyarkat, dari melakukan investasi yang tidak produktif (seperti halnya menumpuk emas, membeli rumah, dan sebagainya) menjadi investasi yang produktif.

baca juga :

Categories:
Tak Berkategori
You Might Also Like