Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

pendidikan

Panduan Untuk Bertindak Secara Etik

Panduan Untuk Bertindak Secara Etik

Panduan Untuk Bertindak Secara Etik

Panduan Untuk Bertindak Secara Etik

Mengingat sulitnya bertindak secara etik, maka dipandang perlu adanya perangkat seperti panduan untuk bertindak secara etis yang jelas, terukur dan operasional. Di samping itu perlu juga dilakukan sosialisasi kode etik profesi, menyediakan jasa ’penasehat’ untuk membantu menangani isu-isu etis dan menciptakan mekanisme perlindungan bagi mereka yang mengungkapkan praktik-praktik tidak etis di dalam dan di luar organisasi.
Swanson (1983a)dalam Galddingmembuat daftar pedoman untuk menilai, apakah konselor bertindak dalam tanggung jawab etika.

1.      Kejujuran pribadi dan profesional.

Konselor diwajibkan untuk beroperasi secara terbuka dengan diri mereka sendiri dan orang-orang yang bekerja dengan mereka. Agenda tersembunyi atau perasaan yang tidak diketahui akan menghambat hubungan dan menempatkan konselor dalam dasar etik goyah.
2.      Bertindak untuk kepentingan terbaik klien.
Tentu tidak mudah untuk mengikuti pedoman ke dua ini. Hal itu disebabkan oleh ketidakmampuan konselor dalam mengenali karakter, motif dan kebutuhan konseli yang sesungguhnya atau disebabkan oleh ketidaksadaran konselor dalam menerapkan nilai-nilai pribadinya pada konseli tanpa menggali dan mengelaborasi nilai-nilai konseli sendiri.
3.      Konselor bertindak tanpa tujuan jelek atau keuntungan pribadi.
Beberapa klien sulit disukai atau ditangani, dan dengan merekalah terutama konselor harus berhati-hati. Bagaimanapun konselor harus hati-hati untuk menhindari hubungan pribadi dan profesional dengan klien yang disukai. Kesalahan penilaian kemungkinan besar terjadi jika kepentingan pribadi konselor ambil bagian dalam hubungan dengan klien.

4.      Apakah konselor dapat membenarkan suatu tindakan sebagai keputusan terbaik yang harus dilakukan berdasarkan peraturan profesi yang berlaku. Untuk membuat keputusan yang demikian konselor harus mengikuti tren sekarang dengan membaca literatur profesional menghadiri workshop pelatihan dan pertemuan-pertemuan  dan aktif terlibat dalam aktivitas konseling baik lokal, daerah maupun nasional.


Sumber: https://rajasatour.id/torchlight-apk/

Categories:
pendidikan
You Might Also Like