Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

pendidikan

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam’

Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam

Kata Islam dalam Pendidikan Agama Islam menunjukkan pendidikan tertentu, yaitu pendidikan yang berwarna dan benuansa Islam, dalam arti pendidikan yang berdasarkan agama Islam. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai pengertian Pendidikan Agama Islam, terlebih dahulu kita membahas mengenai arti dari pendidikan itu sendiri.
Para ahli mengungkapkan pendapatnya mengenai pengertian pendidikan. Adapun pengertian pendidikan secara umum adalah usaha manusia untuk menyiapkan dirinya menuju suatu kehidupan yang bermakna. Dalam definisi tersebut, terkesan bahwa aspek pembinaan pendidikan itu luas sekali meliputi pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.[1] Pendidikan dalam pengertian yang lain adalah usaha sadar dan terencana untuk proses pembelajaran atau pelatihan agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya dan memiliki kekuatan spiritual keagamaan, emosional, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.[2]
Kesimpulan yang dapat kami ambil dari beberapa pengertian di atas adalah pendidikan merupakan usaha atau aktifitas pembelajaran manusia untuk mengembangkan aspek kepribadian mereka dan sebagai bentuk kesiapan, baik berupa potensi, moral, dan intelektual dari diri mereka sendiri serta dapat berguna bagi masyarakat.
Kesimpulan tersebut dikuatkan oleh pengertian pendidikan yang telah disampaikan oleh Drs. Ahmad D. Marimba bahwa pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didik menuju kepribadian yang utama.[3]
Beberapa pengertian di atas, dalam susunan kalimatnya mungkin memang berbeda-beda, tapi dalam esensi dan substansinya masih tetap sama. Sedangkan dalam pengertian Pendidikan Agama Islam sendiri, merupakan suatu sistem pendidikan yang berlabelkan agama, maka dari itu pendidikan Islam memiliki tujuan spiritual yang lebih nyata dalam proses pengajarannya. Dalam pengertiannya, juga memiliki beberapa definisi pokok. Berikut beberapa pengertian dari Pendidikan Agama Islam menurut beberapa ahli, diantaranya:
1. Menurut Zakiah Daradjat
Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan melalui ajaran-ajaran agama Islam, yaitu berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar nantinya setelah selesai dari pendidikan itu, ia dapat memahami, menghayati, dan mengamalkannya serta menjadikan ajaran agama Islam sebagai suatu pandangan hidupnya demi keselamatan dan kesejahteraan hidup di dunia maupun di akhirat kelak.
2. Menurut Drs. Ahmad D. Marimba
Pendidikan Agama Islam adalah bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam, yang mengacu kepada pembentukan kepribadian yang memiliki nilai-nilai agama Islam, memilih, dan memutuskan serta berbuat berdasarkan nilai-nilai Islam dan bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai Islam.[4]
Sejalan dengan berbagai definisi atau pengertian di atas, maka dapat kami ambil pengertian bahwa Pendidikan Agama Islam merupakan sarana pendidikan dan pengajaran individu agar menjadi manusia yang mendapatkan derajat tinggi menurut ukuran Allah yang sesuai dengan ajaran-ajaran Islam, serta memiliki kepribadian luhur sebagai generasi penerus bangsa yang memegang peranan-peranan tertentu dalam masyarakat pada masa yang akan datang.
DR. Muhammad A. Ibrahimy, sang pakar pendidikan mengungkapkan pengertian Pendidikan Agama Islam yang berjangkauan luas, yakni sebagai berikut:
“Islamic education in true sense of the term, is a system of education which enables a man to lead his life according to the Islamic ideology, so that he may easily mould his life in accordance with tenets of Islam. And thus peace and prosperity may prevail in his own life as well as in the whole world. These Islamic scheme of education is, of necessity an all embracing system, for Islam enchomphasses the entire gamut of Moslem’s life. It can justly be said that all branches of learning which are not Islamic are included in the Islamic education. The scope of Islamic education has been changing at different times. In view of the demands of the age and the development of science and technology, it’s scope has also widened.”[5]
Rumusan tersebut menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam mempunyai cakupan yang sama luasnya dengan pendidikan umum bahkan melebihinya. Dengan demikian, maka apa yang kita kenal dengan Pendidikan Agama Islam di negri kita merupakan bagian dari pendidikan Islam.

Sumber : https://tribunbatam.co.id/photo-touch-art-pro-apk/

Categories:
pendidikan
You Might Also Like