Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli

Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli

Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli

Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli
Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli

Soekartawi (1993)

Menurut Soekartawi,Agribisnis berasal dari kata agri dan bisnis. Agri berasal dari bahasa Inggris agricultural yang berarti pertanian dan bisnis yaitu perjuangan komersial dalam dunia perdagangan.

Austin

Menurut Austin, Agribisnis yaitu kesatuan kegiatan perjuangan yang meliputi kegiatan perjuangan tani, pengolahan materi makanan, perjuangan sarana dan prasarana produksi pertanian, transportasi, perdagangan, kestabilan pangan dan kegiatan-kegiatan lainnya termasuk distribusi materi pangan dan serat-seratan kepada konsumen.

Sjarkowi dan Sufri (2004)

Manurut Sjarkowi dan Sufri, Agribisnis yaitu setiap perjuangan yang berkaitan dengan kegiatan produksi pertanian, yang meliputi pengusahaan input pertanian dan atau pengusahaan produksi itu sendiri ataupun juga pengusahaan pengelolaan hasil pertanian. Dengan kata lain agribisnis yaitu cara pandang ekonomi bagi perjuangan penyediaan pangan.

Wibowo dkk (1994)

Menurut Wibowo dkk, Agribisnis mengacu kepada semua kegiatan mulai dari pengadaan, prosesing, penyaluran hingga pada pemasaran produk yang dihasilkan oleh suatu perjuangan tani atau agroindustri yang saling terkait satu sama lain. Dengan demikian agribisnis sanggup dipandang sebagai suatu sistem pertanian yang mempunyai beberapa komponen sub sistem yaitu, sub sistem perjuangan tani yang memproduksi materi baku, sub sistem pengolahan hasil pertaniam dan sub sistem pemasaran hasil pertanian.

Drillon

Menurut Drillon, Agribisnis yaitu sejumlah total dari seluruh kegiatan yang menyangkut manufaktur dan distribusi dari sarana produksi pertanian, kegiatan yang dilakukan perjuangan tani, serta penyimpanan, pengolahan dan distribusi dari produk pertanian dan produk-produk lain yang dihasilkan dari produk pertanian.

Arsyad dkk

Menurut Arsyad dkk, Agribisnis yaitu kesatuan kegiatan perjuangan yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan hasil dan pemasaran produk-produk yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas.

Sutawi (2002)

Terdapat 3 pengertian agribisnis berdasarkan Sutawi yakni:
Agribisnis yaitu suatu kesatuan kegiatan perjuangan yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan hasil, dan pemasaran yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas, yaitu kegiatan perjuangan yang menunjang kegiatan pertanian dan kegiatan perjuangan yang ditunjang oleh kegiatan-kegiatan pertanian.
Agribisnis yaitu sebuah sistem kegiatan yang meliputi tiga komponen, the farm input sector, the farming sector, dan the procut marketing sector Agribisnis yaitu keseluruhan dan kesatuan dari seluruh organisasi dan kegiatan mulai dari produksi dan distribusi sarana produksi, kegiatan produksi pertanian di lahan pertanian hingga dengan pengumpulan, penyimpanan, pengolahan dan turun hingga distribusi hasil final dari pengolahan tersebut ke konsumen.

Cramer dan Jensen

Menurut Cramer dan Jensen, Agribisnis yaitu suatu kegiatan yang sangat kompleks, meliputi industri pertanian, industri pemasaran hasil pertanian dan hasil olahan produk pertanian, industri manufaktur dan distribusi bagi materi pangan dan serat-seratan kepada pengguna/ konsumen.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/06/unsur-unsur-seni-rupa-dan-penjelasannya.html