Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

pendidikan

PENGERTIAN EKONOMI MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN EKONOMI MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN EKONOMI MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN EKONOMI MENURUT PARA AHLI

1. PENGERTIAN EKONOMI MENURUT ABRAHAM MASLOW

Abraham Maslow adalah seorang psikolog dan inspirator yang memiliki kecakapan personal dan soft skill yang baik. Abraham Maslow lahir di Brookly New York pada tanggal 1 April 1908 dan tutup usia di California pada tanggal 8 Juni 1970 saat menginjak usia 62 tahun. Teori yang sangat terkenal dari Abraham Maslow adalah Hierarki Kebutuhan Dasar Manusia, Teori Humanistik, dan Aktualisasi diri.

Abraham Maslow juga mengutarakan teori ekonomi yaitu bahwa ekonomi merupakan suatu bidang keilmuan yang dapat menyelesaikan berbagai permasalahan kehidupan manusia melalui seluruh sumber ekonomi yang tersedia berdasarkan pada teori dan prinsip dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.

2. PENGERTIAN EKONOMI MENURUT ADAM SMITH

Adam Smith merupakan salah satu tokoh yang aktif dalam filsuf politik dan ekonomi. Beliau adalah pencetus sistem ekonomi kapitalis pada abad ke 18 dan 19 di Eropa Barat. Adam Smith bergerak di bidang ekonomi klasik. Ia tidak hanya menggagas teori mengenai ekonomi klasik. Tetapi juga berhasil menggagas teori tentang pasar bebas era modern dan ketenagakerjaan.

Dalam dunia ekonomi, Adam smith menjelaskan bahwa pengertian ekonomi merupakan suatu penyelidikan tentang kondisi dan penyebab munculnya kekayaan suatu negara. Selain itu, teori yang terkenal dari Adam Smith adalah Teori Keunggulan Mutlak.

3. PENGERTIAN EKONOMI MENURUT JOHN STUART MILL

John Stuart Mill adalah seorang filsuf empiris yang sangat terkenal dalam reformasi utilitarianisme sosial di Inggris. John Stuart Mill lahir di London 20 Mei 1806 dan meninggal di Avignon 8 Mei 1873 pada usia 66 tahun. Beliau adalah anak seorang akademisi dan sejarawan bernama James Mill.

John Stuart Mill melakukan gagasan dalam bidang ekonomi. Ia menyebutkan bahwa pengertian ekonomi adalah suatu ilmu praktis yang mempelajari tentang adanya penagihan dan pengeluaran.

4. PENGERTIAN EKONOMI MENURUT PAUL ANTHONY SAMUELSON

Paul Anthony Samuelson adalah seorang tokoh ekonomi Amerika. Ia merupakan lulusan Universitas Harvard dan berhasil menyandang gelar doktor. Ia juga menjadi orang pertama Amerika yang meraih penghargaan nobel karena mengembangkan teori ekonomi statis dan dinamis. Tokoh ekonomi ini banyak memberikan pengaruh pada perkembangan teori ekonomi di dunia.

Paul A Samuelson juga menyebutkan bahwa ekonomi adalah salah satu cara yang digunakan oleh seseorang atau masyarakat dalam memanfaatkan sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai macam komoditi dan produk serta mendistribusikannya pada masyarakat supaya dapat dikonsumsi dan dinikmati oleh masyarakat umum.

5. PENGERTIAN EKONOMI MENURUT HERMAWAN KARTAJAYA

Hermawan Kartajaya adalah salah satu tokoh ekonomi Indonesia yang berhasil menjadi tokoh pakar pemasaran di dunia. Ia pernah kuliah di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS Surabaya) tetapi tidak berhasil lulus karena permasalahan ekonomi. Namun, ia berhasil mendapatkan gelar honoris causa dari ITS karena mampu mengembangkan ilmu dalam sektor ekonomi dan pemasaran level dunia.

Hermawan Kartajaya sangat berpengaruh terhadap pemasaran dunia dan saat ini ia menjabat sebagai Presiden Mark Plus & CO. Pengertian ekonomi menurut Hermawan Kartajaya adalah bahwa ekonomi merupakan suatu wadah yang menempatkan sektor industri berada di atasnya.


Baca Juga :

Categories:
pendidikan
You Might Also Like