Pengertian Ilmu Resep

Pengertian Ilmu Resep

Pengertian Ilmu Resep

Pengertian Ilmu Resep
Pengertian Ilmu Resep

 

Pengertian Ilmu Resep.

Ilmu resep dikenal sejak adanya penyakit. Dengan keberadaan manusia di dunia dan mulai terjadi penyebaran penyakit yang dilanjutkan dengan usaha masyarakat untuk melakukan usaha pencegahan terhadap penyakit.
Kata ilmu dalam bahasa Arab “ilm” yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan katanya, ilmu pengetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan, dan ilmu sosial dapat berarti mengetahui masalah-masalah sosial, dan sebagainya.

Resep adalah

permintaan tertulis dari dokter kepada apoteker pengelola apotik untuk menyediakan dan menyerahkan obat bagi penderita sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku .

Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Ilmu resep adalah

ilmu yang mempelajari tentang cara meracik obat-obatan menjadi bentuk tertentu hingga siap digunakan sebagai obat. Ada anggapan bahwa ilmu ini mengandung sedikit kesenian, maka dapat dikatakan bahwa ilmu resep adalah ilmu yang mempelajari senimeracik obat (art of drug compounding), terutama ditujukan untuk melayani resep dari dokter.Penyediaan obat-obatan disini mengandung arti pengumpulan, pengenalan, pengawetan dan pembakuan dari bahan obat-obatan. melihat ruang lingkup dunia farmasi yang cukup luas, maka mudah dipahami bahwa ilmu resep tidak dapat berdiri sendiri tanpa kerja sama yang baik dengan cabang ilmu yang lain, seperti fisika, kimia, biologi dan farmakologi.

Pada waktu seseorang mulai terjun masuk kedalam pendidikan kefarmasian

berarti diamulai mempersiapkan dirinya untuk melayani masyarakat dalam hal memenuhi kebutuhan obat-obatan yang aman dan bermutu. Pengaturan dan pengawasan distribusi obat-obatan yang beredar di masyarakat. meningkatkan peranan dalam bidang penyelidikan dan pengembangan obat-obatan.mempelajari resep berarti mempelajari penyediaan obat-obatan untuk kebutuhan paien. seseorang akan sakit bila mendapatkan serangan dari bibit penyakit, sedangkan bibit tersebut telah ada semenjak diturunkannya manusia pertama.