Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Perkebunan

 Pengertian Islam Moderat

 Pengertian Islam Moderat

 Pengertian Islam Moderat


Kata moderat merujuk pada beberapa kamus menunjukkan pengertian seputar “pandangan” dan “sikap”. Dalam hal ini pandangan dan sikap yang “tidak ekstrim” bisa memahami perbedaan dan menerima atau menghargai pendapat yang berbeda.
Dalam penggunaan yang umum saat ini, istilah “Islam moderat” dalam pengertian yang lazim kita kenal sekarang adalah corak pemahaman Islam yang menolak cara-cara kekerasan yang dilakukan oleh kalangan lain yang menganut model Islam radikal. Taufik Hamid, seorang mantan anggota kelompok Islam radikal dari Mesir, al-Jamaah al-Islamiyyah, mendefinisikan Islam moderat sebagai, “a form of Islam that rejects violent and discriminatory edicts” yaitu Islam yang menolak secara tegas hukum-hukum agama yang membenarkan kekerasan dan diskriminasi. (Baca artikelnya yang berjudul “Don’t Gloss Over The Violent Texts” di Wall Street Journal, 1/9/2010).
Definisi lain diajukan oleh Dr. Moqtedar Khan yang mengelola blog Ijtihad (www.ijtihad.org). Dr. Khan memaparkan bahwa  islam moderat adalah lebih menekankan pentingnya prinsip ijtihad dalam pengertian yang lebih luas, yaitu kebebasan berpendapat dengan tetap bersandar pada sumber utama dalam Islam, yaitu Quran dan Sunnah. Yang menarik adalah usaha banyak kalangan Islam modern untuk mengaitkan konsep “Islam moderat” ini dengan konsep “wasat” yang ada dalam Quran. Dalam Quran, terdapat sebuah ayat yang banyak dikutip oleh intelektual Muslim modern untuk menunjukkan watak dasar Islam sebagai agama yang “tengah-tengah” atau moderat, yaitu QS. al-Baqarah:143 sebagai berikut:
“Dan demikianlah Aku (Tuhan) jadikan kalian umat yang “wasat” (adil, tengah-tengah, terbaik) agar kalian menjadi saksi (syuhada) bagi semua manusia, dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi (syahid) juga atas kalian.” (QS. Al-Baqarah:143)
Kata “wasat” dalam ayat di atas, jika merujuk kepada tafsir klasik seperti al-Tabari atau al-Razi, mempunyai tiga kemungkinan pengertian, yakni: umat yang adil, tengah-tengah, atau terbaik. Ketiga pengertian itu pada dasarnya, saling berkaitan.
Dari beberapa penjelasan mengenai islam moderat diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa islam moderat  adalah sebuah istilah yang digunakan kepada pemeluk agama islam yang tidak memihak pada aliran-aliran lain, menolak cara-cara kekerasan yang dilakukan oleh kalangan lain yang menganut model Islam radikal, tetapi selalu berupaya untuk menerapkan syari’at Islam secara utuh disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang secara riil dihadapi, serta tetap berpegang teguh pada  Al-qur’an dan Assunah sebagai panduan hidup.

sumber :

Categories:
Perkebunan
You Might Also Like