Pengertian metode dan metodologi Penelitian

Pengertian metode dan metodologi Penelitian

Pengertian metode dan metodologi Penelitian

Pengertian metode dan metodologi Penelitian
Pengertian metode dan metodologi Penelitian

Metodologi Penelitian Berasal dari kata • Metode artinya cara yang tepat untuk melakukan sesuatu • Logos artinya ilmu atau pengetahuan

Jadi Metodologi adalah cara melakukan sesuatu dgn menggunakan pikiran secara seksama utk mencapai suatu tujuan. sedangkan Penelitian adalah suatu kegiatan utk mencari, mencatat, merumuskan & menganalisis sampai menyusun laporannya, terhadap suatu permasalahan.

Pengertian Metodologi Penelitian Menurut para Ahli

Pengertian metodologi penelitian menurut

David. H. Peny

yaitu Metodologi Penelitian adalah Pemikiran yang sistematis mengenai berbagai jenis masalah yang pemecahannya memerlukan pengumpulan dan penafsiran fakta-fakta.

J. Suprapto MA

Pengertian metodologi penelitian menurutnya yaitu Metodologi Penelitian adalah Penyelidikan dari suatu bidang ilmu pengetahuan yang dijalankan untuk memperoleh fakta-fakta atau prinsip-prisnsip dengan sabar, hati-hati serta sistematis.

Pengertian metodologi penelitian menurut Sutrisno Hadi MA yaitu Metodologi Penelitian adalah Usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.

Adapun metode analisis secara umum terbagi menjadi dua, diantaranya adalah

1. Analisis Data Secara Kualitatif

Pada analisis data kualitatif ini tidak menggunakan alat statistik, namun dilakukan dengan menginterpretasi tabel, grafik, maupun angka-angka yang ada, baru kemudian melakukan penguraian dan penafsiran.

2. Analisis Data Secara Kuantitaif

Analisis data secara kuantitatif adalah suatu metode analisis yang menggunakan alat statistik. Dengan kata lain, analisis dilakukan berdasarkan dasar-dasar statistik. Ada dua jenis alat statistik yang umumnya digunakan, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial.

Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut bisa disimpulkan bahwa

pengertian metodologi Penelitian adalah Suatu cabang ilmu pengetahuan yang membicarakan / mempersoalkan mengenai cara-cara melaksanakan penelitian (yaitu meliputi kegiatan-kegiatan mencari, mencatat, merumuskan, menganalisis sampai menyusun laporannya) berdasarkan fakta-fakta atau gejala-gejalah secara ilmiah. Atau bisa dikatakan Metodologi Penelitian adalah Ilmu yg mempelajari cara-cara melakukan pengamatan dengan pemikiran yang tepat secara terpadu melalui tahapan-tahapan yang disusun secara ilmiah untuk mencari, menyusun serta menganalisis dan menyimpulkan data-data, sehingga dapat digunakan untuk menemukan, mengembangkan dab menguji kebenaran suatu pengetahuan berdasarkan bimbingan Tuhan. Berikut ada banyak artikel yang terkait dengan metodologi dan metode penelitian.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/