Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

pendidikan

PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

Pengertian pendidikan juga dapat dilihat

dari berbagai pendapat para ahli yang terdapat di berbagai literatur, misalnya Ki Hajar Dewantara. Menurut Bapak Pendidikan Nasional Indonesia ini, pendidikan pada umumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti (karakter, kekuatan bathin), pikiran dan jasmani anak-anak selaras dengan alam dan masyarakatnya.

Definisi pendidikan lainnya menurut para ahli adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, ini  mungkin akan terjadi dalam pergaulan biasa, pergaulan orang dewasa dengan pemuda. Hal ini mungkin juga dapat terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan sosial.

Proses tersebut melibatkan pengawasan pada perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup, pengertian ini disampaikan oleh John Dewey. Ibnu Muqaffa, seorang tokoh bangsa Arab mengatakan bahwa pendidikan ialah yang kita butuhkan untuk mendapatkan sesuatu yang akan menguatkan semua indera kita.

Seperti makanan, minuman, juga yang lebih kita butuhkan untuk mencapai peradaban yang tinggi, yakni merupakaan akal dan rohani. Ibnu Muqaffa mengenai definisi pendidikan ini melalui kitab Kalilah dan Daminah. Prof. Richey mempunyai pandangan tersendiri mengenai definisi dari pendidikan.

Istilah pendidikan berkenaan dengan fungsi yang luas dari pemeliharaan dan perbaikan kehidupan suatu masyarakat terutama membawa masyarakat generasi baru pada penuaian kewajiban dan tanggung jawabnya di dalam masyarakat. Hal ini diungkapkan Prof. Richey dalam bukunya yang berjudul ‘Planning for teaching, an Introducing to Education”.

H.Horne menyebut pendidikan adalah suatu proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, bebas dan sadar kepada Tuhan, layaknya termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.

Filsuf asal Inggris, John Stuart Mill (1806-1873 M) menilai bahwa pendidikan itu meliputi segala sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang untuk diri sendiri atau yang dikerjakan orang lain untuknya, hal itu dilakukan dengan tujuan mendekatkan diri kepada tingkat kesempurnaan.

Pernyataan serupa juga dikemukakan oleh Edgar Dalle yang menyebut pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan pelatihan yang berlangsung di sekolah ataupun luar sekolah sepanjang hidup untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam lingkungan hidup.

Filsuf terkenal asal Yunani, Plato secara singkat menjelaskan bahwa sebuah pendidikan ialah cara untuk membantu perkembangan masing-masing dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang memungkinkan tercapainya kesempurnaan.


Sumber: https://www.loljam.com/driving-zone-apk/

Categories:
pendidikan
You Might Also Like