Pengertian Persepsi menurut para ahli

Pengertian Persepsi menurut para ahli

Pengertian Persepsi menurut para ahli

Pengertian Persepsi menurut para ahli
Pengertian Persepsi menurut para ahli

Dengan menggunakan alat indera yang dimiliki, individu mengenali dunia luar. Melalui proses penginderaan memunculkan persepsi pada diri individu, sehingga individu mengamati dan menghayati atau memberi arti terhadap semua stimulus yang datang.

Walgito (2002:70)

Pengertian persepsi menurut beliau adalah persepsi merupakan proses pengorganisasian, penginterprestasian terhadap stimulus yang diterima oleh organisme atau individu sehingga merupakan sesuatu yang berarti.

Pengertian persepsi, persep

Shadily (1991:66)

si adalah proses mental yang menghasilkan bayangan pada diri individu sehigga dapat mengenal suatu objek dengan jalan asosiasi dengan suatu ingatan tertentu, baik secara indera penglihatan, indera perabaan, indera pendengaran, dan sebagaimananya sehingga akhirnya bayangan itu dapat disadari.

Sudarsono (1997:175)

Pengertian persepsi menurut beliau merupakan kemampuan memahami atau menanggapi, pengamatan, pandangan, proses untuk mengingat atau mengidentifikasi sesuatu dengan kemampuan untuk mengorganisasikan pengamatan yang ditangkap oleh indera kita.

Rahmat (2003:51)

Pengertian persepsi menurut beliau manyatakan bahwa persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.

Drs. Slameto (2010:102)

Pengertian persepsi menurut beliau persepsi adalah proses menyangkut pesan atau informasi kedalam otak manusia. Melalui persepsi manusia terus menerus mengadakan hubungan dengan lingkungannya. Hubungan ini dilkukan lewat inderanya, yaitu indera penglihat, pendengar, peraba, perasa dan pencium.

 Menurut Kotler (2000)

Pengertian persepsi menjelaskan persepsi sebagai proses bagaimana seseorang menyeleksi, mengatur dan menginterpretasikan masukan-masukan informasi untuk menciptakan gambaran keseluruhan yang berarti.

Gibson, dkk (1989)

Definisi persepsi dalam buku Organisasi Dan Manajemen Perilaku, Struktur; memberikan definisi persepsi adalah proses kognitif yang dipergunakan oleh individu untuk menafsirkan dan memahami dunia sekitarnya (terhadap obyek). Gibson juga menjelaskan bahwa persepsi merupakan proses pemberian arti terhadap lingkungan oleh individu. Oleh karena itu, setiap individu memberikan arti kepada stimulus secara berbeda meskipun objeknya sama. Cara individu melihat situasi seringkali lebih penting daripada situasi itu sendiri

Syarat Terjadinya Persepsi

Menurut Walgito “1989:54” ada tiga syarat terjadinya persepsi yaitu:

  • Adanya objek yang dipersepsi.
  • Adanya alat indra atau reseptor.
  • Adanya perhatian.

Baca juga: