Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Perkebunan

Pengertian Pusat Sumber Belajar

Pengertian Pusat Sumber Belajar

Pengertian Pusat Sumber Belajar

Menurut asosiasi teknologi komunikasi pendidikan (AECT),sumber belajar adalah meliputi semua sumber baik berupa data, orang atau benda yang dapat digunakan untuk memberi fasilitas belajar bagi peserta didik.

Sedangkan pusat sumber belajar merupakan bentuk bangunan mulai dari yang sederhana sampai yang rumit dan lengkap, yang dirancang dan diatur secara khusus dengan  tujuan menyimpan, merawat, mengembangkan, dan memenfaatkan koleksi sumber belajar dalam berbagai bentuknya baik secara indibvidual maupun kelompok. PSB di pandang sebagai suatu kegiatan yang terorganisasi, terdiri dari direktur PSB, staf, peralatan dan bahan-bahan pembelajaran yang ditempatkan dalam suatu lokasi yang mempunyai fasilitas khusus untuk perencanaan, pemmbuatan, penyajian, pengembangan dan pelayanan.[1] Jadi, PSB merupakan wahanayang memberikan fasilitas pada proses pembelajaran, di mana berbagai jenis sumber belajar dikembangkan, di kelola dan dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran.

  1. Fungsi Pusat Sumber Belajar

Fungsi sumber belajar dalam pembelajaran yang ada pada saat ini, antara lain :

  1. Meningkatkan produktivitas pembelajaran.
  2. Memberikan kemungkinan pembelajran yang sifatnya lebih individual, sebab penggunaan sumber belajar dalam pembeajaran dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemapuanya.
  3. Memberikan dasar yang lebih ilmiah dalam pembelajran. Hal ini dapat dilakukan dengan merancang pembelajran yang sistematis.
  4. Memantapkan pembelajaran.
  5. Penggunaan sumber belajar dalam pembelajaran dapat menembus batas geografis.

Sedangkan fungsi pusat sumber belajar itu sendiri antara lain sebagai berikut :

  1. Fungsi pengembangan sistem intruksional

Fungsi ini menolong jursan atau deartemen dan staf tenaga pengajar secara individual didalam membuat desain dan pemilihan pilihan untuk meningkatkan efektivitasdan efisiensi proses pembelajaran.

  1. Fungsi informasi

Ada beberapa sumbeer informasi yang dapat digolongkan menjadi usat sumber belajarseperti pusat komuter, bahan bacaan, radio, televisi, erorangan, lembaga dan sebagainya.

  1. Fungsi pelayanan media

Fungsi ini berhubungan dengan pembuatan rencana program media dan pelayanan pendukung yang dibutuhkan yang dibutuhkan oleh staf pengajar dan pelajar.

  1. Fungsi produksi

Fungsi ini berhubungan dengan penyediaan materi atau bahan intruksional yang tidak dapat diperoleh melalui sumber komersial.

  1. Fungsi administrasi

Fungsi ini berhubungan dengn cara-cara bagaimana tujuan dan prioritas program dapat tercapai.[2]

 

Categories:
Perkebunan
You Might Also Like