Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Umum

Perawatan Sesudah Bertarung

Perawatan Sesudah Bertarung

Perawatan Sesudah Bertarung

Usai bertarung, ayam jago harus dibersihkan dari segala luka berdarah. Membersihkannya dilakukan seperti ketika membanyoni. Setelah luka bersih, luka-luka berdarah segera ditetesi
“obat merah atau betadin” untuk mencegah infeksi dan menyumbat aliran darah. Bisa juga dengan menggosokkan obat gosok. Bahkan ada yang menaburkan isi kapsul obat antibiotika seperti kapsul tetra.
Lantaran darah sering juga masuk ke tenggorokan, maka kerongkongan ayam perlu dibersihkan juga. Caranya dengan memasukkan bulu ayam betina yang sudah di basahi dan diplirit (ditarik hingga tidak melebar lagi). Bulu basah dan ramping ini, diputar-putar di dalam kerongkongan sementara mulut si jago selalu kita buka. Setelah bulu ditarik keluar dan dibersihkan dari gumpalan darah atau kotoran, segera masukkan lagi sampai kerongkongan ayam jadi bersih, dan boleh istirahat tiga minggu Iamanya.
Setelah tiga sampai empat kali latihan tarung, bisa kelihatan bahwa jago kita benar-benar handal. Maka lamanya tiap ronde juga ditambah, hingga mencapai pertarungan selama satu jam, dengan beberapa istirahat singkat. Barulah kemudian sijago dianggap lulus, dan siap ditarungkan di arena profesional guna meniti karir sebagai jagoan sejati.
Manakala jago kita sedang mencapai puncak kejayaannya, sebaiknya siapkanlah untuknya seekor babon (ayam bangkok betina) yang bagus. Biarkan mereka memadu kasih dan menghasilkan keturunan yang meyakinkan mutunya. Ayam jago memang harus dikawinkan sebelum ia ditundukkan musuh yang lebih perkasa.

9. Empat Sehat Lima Sempurna

Tentu saja semua orang ingin agar seluruh rangkaian latihan mental dan fisik tersebut menghasilkan jago yang hebat. Tapi keinginan itu hanya tinggal harapan kosong, bila kita tidak memberikan makanan bergizi tinggi sebagai faktor penunjang yang utama. Tidak terlalu mewah. Ransum ayam jago tidak berbeda dengan jatah makan ayam bangkok lainnya. Harus cukup mengandung protein, karbohidrat, dan lemak. Ransum ekstra buat si jago, bisa kita lihat dalam tabel berikut ini :
Diberikan 1 kali dalam Jenis Ransum Banyaknya untuk setiap ekor Keterangan
1 hari Jagung 150 gram Diberikan 2 kali sehari : pagi dan sore
1 hari Dedak / tepung rumah siput 50 gram Diberikan 2 kali sehari : pagi dan sore
2 hari Kacang hijau 50 gram Diberikan pada pagi hari dan sore hari
2 hari Cairan susu 10 cc Diberikan setiap pagi hari
2 – 3 hari Daging cincang (kambing atau sapi) 30 gram Diberikan pada pagi hari sebalum makan kacang hijau atau jagung atau makanan lainnya
Telur ayam 1 – 2 butir Diberikan pada pagi hari sebalum makan kacang hijau atau jagung atau makanan lainnya

Catatan : Ransum jitu ini diberikan pada ayam usia 4 bulan ke atas. Tetapi, umumnya, setiap pemelihara ayam jago bangkok mempunyai resep sendiri, untuk ransum ekstra ini.

Sumber: https://gurupendidikan.org/

Categories:
Umum
You Might Also Like