Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

pendidikan

Prinsip Kerja PGP

Prinsip Kerja PGP

Prinsip Kerja PGP

Prinsip Kerja PGP

   Prinsip Kerja PGP

PGP bekerja dengan menggabungkan beberapa bagian yang terbaik dari key konvensional dan public key cryptography, jadi PGP ini adalah  sebuah a hybrid cryptosystem. Ketika seorang pengguna mengenkrip sebuah plaintext dengan menggunakan PGP, maka awal PGP akan mengkompress plaintext ini.

PGP membuat sebuah session key, dimana sebuah kunci rahasia pada saat itu. Kunci adalah sebuah bilangan acak yang dihasilkan dari gerakan acak dari mouse dan tombol yang anda tekan. Session Key ini berkerja dengan sangat aman, algoritma enkripsi konvesional yang cepat untuk meng-enkrip plaintext.  Hasilnya adalah berupa chipertext. Sekali data dienkripsi, lalu session key ini dienkripsi lagi menggunakan kunci publik penerima. Session key yang terenkripsi kunci publik key penerima dikirim dengan chipertext ke penerima. Proses dekripsi bekerja sebaliknya, Penerima menerima pesan lalu membuka pesan tersebut dengan kunci privatnya, namun pesan tersebut masih terenkripsi dengan session key. Dengan Menggunakan PGP, penerima mendekripsi chipertext yang terenkripsi secara konvensional.

 

 2.3  Enkripsi

Enkripsi (encryption) merupakan suatu proses dimana sebuah pesan  (plaintext) ditranformasikan atau diubah menjadi bentuk pesan lain (chipertext) menggunakan suatu fungsi matematis dan enkripsi password khusus yang lebih dikenal sebagai key.

Berikut ini adalah mekanisme encription data :

Gambar 1 : Mekanisme Enkripsi

2.3.1  Enkripsi data dan penyimpanan data dalam tabel database

Sebuah data sumber (plaintext) yang akan disandikan (di-encrypt) diproses dengan encryption algorithm dengan mempergunakan kunci yang sudah ditetapkan, sehingga menjadi data ter-encrypt (ciphertext). Proses ini dilakukan sebelum data disimpan dalam database.

 

Gambar 2 : proses enkripsi data dan penyimpanan data dalam tabel database

 

2.4.   Dekripsi

Dekripsi (decryption) merupakan proses kebalikan, dari chiphertext dirubah kembali ke plaintext dengan menggunakan fungsi matematis dan key.

2.4.1 Dekripsi data dan menampilkan data setelah diambil dari tabel database

Proses pembalikan data dari  ciphertext ke  plaintext dapat dilakukan dengan cara pembalikan proses enkripsi. Proses ini dilakukan ketika data sudah diambil dari database dan sebelum data ditampilkan/diproses, sehingga data yang ditampilkan/diproses adalah data yang sudah di-decrypt (plaintext).


Baca Juga :

Categories:
pendidikan
You Might Also Like