Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Umum

Probability Sampling dan Non Probability Sampling.

Probability Sampling dan Non Probability Sampling.

Probability Sampling dan Non Probability Sampling.

Probability Sampling (Random Sampling)

Probability Sampling (Random Sampling) adalah teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Apabila jumlah populasinya terbatas, peluang randomnya dapat diberikan kepada anggota populasi secara individu. Sebaliknya, apabila populasinya dalam jumlah yang cukup besar, maka peluangnya diberikan secara kelompok.4][4]

Untuk random sampling, pengambilan sampel dilakukan secara sembarang atau acak. Namun, bukan berarti teknik ini adalah suatu cara yang sembarangan, sebab teknik pengambilan sampel secara random bertitik tolak pada prinsip-prinsip matematik yang kokoh dan telah diuji dalam praktik. Sampai sekarang, teknik ini dianggap paling representatif dalam penelitian pendidikan.

 Sebagaimana pengertian di atas, dalam teknik random sampling, semua individu dalam populasi diberi kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel penelitian. Jadi, tidak ada alasan untuk  menganggap teknik ini sebagai sampel penelitian yang nyeleweng atau menyimpang.

ØCara Atau Prosedur Yang Digunakan Untuk Random Sampling

  1. Cara Undian

Cara ini dilakukan sebagaimana halnya melakukan undian. Semua anggota populasi diberi nomor, nama, alamat, ditulis dalam kertas gulungan kecil dan dimasukkan dalam kotak. Kemudian dikocok-kocok dan diambil satu persatu sesuai dengan kebutuhan sampel yang telah ditetapkan besarannya. Setelah jumlah sampel sudah terpenuhi, pengambilan dhentikan. Siapa – siapa yang namanya dalam gulungan  kertas diambil dari kotak, maka itulah yang menjadi sampel penelitian.

  1. Cara Ordinal

Cara ini diselenggarakan dengan mengambil subyek dari atas ke bawah setelah subyek populasi tersebut disusun secara alfabetis. Ini dilakukan dengan mengambil mereka-mereka yang telah disusun tersebut yang memiliki nomor urut ganjil, atau genap, atau yang memiliki nomor kelipatan bilangan ganjil, ataupun genap dari suatu daftar subyek yang telah disusun tersebut.

  1. Cara Randomisasi dari Tabel Bilangan Random

Cara ini merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh para peneliti, sebab selain prosedurnya sangat sederhana, kemungkinan penyelewengan juga dapat diperkecil dan dihindari semaksimal mungkin. Tabel bilangan random umumnya terdapat pada buku-buku statistik

SUmber: https://www.gurupendidikan.co.id/usaha-barbershop/

Categories:
Umum
You Might Also Like