RZ Salurkan 600 Superqurban di Kabupaten Bandung

RZ Salurkan 600 Superqurban di Kabupaten Bandung

RZ Salurkan 600 Superqurban di Kabupaten Bandung

RZ Salurkan 600 Superqurban di Kabupaten Bandung
RZ Salurkan 600 Superqurban di Kabupaten Bandung

BANDUNG – RZ (Rumah Zakat) menyalurkan 600 kaleng kornet

Superqurban untuk korban banjir di wilayah Kabupaten Bandung, dari subuh hingga pagi hari ini, Senin (14/3). Para relawan siap siaga dan terus memantau kondisi banjir yang kini telah mencapai 80 hingga 300cm sedangkan daerah di sekitar bantaran Sungai Citarum serta cekungan mencapai 3 meter.

Intensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan 15 wilayah

di Kabupaten Bandung terendam. Adapun 15 wilayah tersebut yakni Kecamatan Cicalengka, Rancaekek, Cileunyi, Solokan Jeruk, Majalaya, Ciparay, Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Pameungpeuk, Banjaran, Arjasri,Cangkuang, Katapang, dan Kutawaringin.

Bencana banjir menyebabkan 2 orang tewas, 3 orang hilang dan 27.000 jiwa lainnya mengungsi. Dampak kerusakan juga terjadi pada rumah warga diantaranya 1 rumah rusak berat dan jalur Baleendah – Deyeuhkolot terputus. Hujan deras juga menyebabkan longsor di Kampung Lembur Kebon RT 3 RW 7 Desa Padasuka, Kec. Kutawaringin, Kab.Bandung.

“Saat ini ketinggian air sudah menurun namun para relawan RZ

tetap harus merespon dan menyiapkan tim evakuasi langsung di TKP. Bantuan
darurat dan yang paling dibutuhkan masyarakat sekarang adalah perahu karet, air mineral, makanan bayi, popok bayi dan pembalut,” papar Padirman, Koordinator Lapangan Relawan RZ Bandung.

RZ juga memberi bantuan berupa pengadaaan posko hangat, tebar nasi bungkus, evakuasi warga, makanan bayi, trauma healing, bantuan
logistik dan air mineral. Selain itu bersama BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), relawan RZ juga menyiapkan air bersih dan toliet portable di posko INKANAS.

“Alhamdulillah, kami sudah mendirikan posko banjir di berbagai wilayah di Kab. Bandung, diantaranya di Inkanas, Gor Baleendah, Wakawuri,
Unilon, dan STT telkom. Semoga akan semakin banyak bantuan yang berdatangan dikarenakan hujan masih akan turun dan volume banjir masih terus bertambah. Bagi yang mau memberikan donasi dan bantuannya bisa menghubungi kami langsung atau datang ke Posko RZ di Gd. Inkanas, Jl. RAA Wiranatakusumah No 7 Baleendah. Kab.Bandung,” tutur Pardiman.

 

Baca Juga :