Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Perkebunan

Sejarah singkat IDA

Sejarah singkat IDA

Sejarah singkat IDA

International development association (IDA) merupakan bagian dari bank dunia yang membantu negara-negara miskin di dunia. Didirikan pada tahun 1960, IDA bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dengan memberikan pinjaman (disebut”kredit”) dan hibah untuk program yang mendorong pertumbuhan ekonomi, mengurangi kesenjangan dan meningkatkan kondisi kehidupan masyarakat.

IDA melengkapi pinjamin lengan asli bank dunia bank internasional untuk rekontruksi dan pembangunan (IBRD). IBRD didirikan berfungsi sebagai bisnis mandiri dan memberikan pinjaman dan saran untuk berpenghasilan menengah dan negara-negara miskin kredit yang layak. IBRD dan IDA berbagi sama staf dan kantor pusat dan mengevaluasi proyek-proyek dengan standar yang ketat sama. IDA merupakan salah satu sumber terbesar dari bantuan untuk 771 negara termiskin di dunia, 39 diantaranya di afrika, dan merupakan sumber terbesar dari dana donor untk pelayanan sosial dasar di negara-negara tersebut.

  1. Keanggotaan IDA

IDA memiliki anggota 172 negara yang membayar iuran setiap tiga tahun sebagai pengisian kembali dari modal IDA meminjamkan untuk 81 negara peminjam, hampir setengah dari yang di afrika keanggotaan dalam IDA tersedia hanya untuk negara-negara yang termasuk anggoa dari bank dunia, terutama IBRD.

  1. Status hukum IDA

Assosiasi ini merupakan organisasi internasional yang mempunyai status hukum dalam menjalankan kinerja organisasi tersebut dengan status hukum perjanjian dengan masing-masing negara anggotanya dengan negara donor.

  1. Fungsi dan tujuan IDB bagi negara berkembang

Sebagai bagian dari lembaga bank dunia untuk menyalurkan bantuan mendorong dan mendukung pembangunan negara berkembang meningkatkan kesejahteraan masyarakat dunia internasional membantu kegiatan bank dunia sebagai operasional dari kelompok bank dunia sebagai pemberi pinjaman lunak kepada negara berkembang.

Selain itu juga kegiatannya IDA juga untuk mengatasi berbagai krisis pembangunan dan peningkatan taraf hidup masyarakat di negara berkembang dengan penghasilan rendah serta memajukan perkembangan ekonomi meningkatkan produktifitas dan juga menaikkan standart penduduk miskin negara miskin di dunia. Tujuan assosiasi pembangunan internasional adalah untuk membantu negara termiskin agar berkembang lebih pesat, merata berkelanjutan sehingga dapat mengurangi kemiskinan. Dari tahun 2000 hingga 2010 intitusi ini telah mendanai proyek yang merekrut dan melatih tiga juta pengajar, mengimunisasi 310 juta anak-anak, mendanai pinjaman $792 juta untuk 120.000 usaha kecil dan menengah, membangun infrastruktur jalan, jembatan dan menyediakan akses air. Assosiasi pembangunan internasional telah memberikan pinjaman sebesar $238 miliar semenjak 1960.

sumber :

Categories:
Perkebunan
You Might Also Like