Strategi Pembelajaran Ekspositori

Keunggulan dan Kelemahan Strategi Pembelajaran Ekspositori

Keunggulan dan Kelemahan Strategi Pembelajaran Ekspositori

Keunggulan dan Kelemahan Strategi Pembelajaran Ekspositori
Keunggulan dan Kelemahan Strategi Pembelajaran Ekspositori

Baik teori belajar ataupun strategi pembelajaran pastilah mempunyai keunggulan dan kelebihannya dibandingkan teori ataupun strategi lainnya. Akan tetapi dibalik itu semua setiap teori belajar/strategi pembelajaran akan menghadapi dan mengalami beberapa kesulitan yang berdampak pada kelemahan teori/strategi tersebut.

 

Keunggulan Strategi Pembelajaran Ekspositori

Strategi pembelajaran ekspositori merupakan strategi pembelajaran yang

banyak dan sering digunakan. Hal ini disebabkan strategi ini memiliki beberapa

 

Keunggulan, di antaranya:

ü  Dengan strategi pembelajaran ekspositori guru bisa mengontrol urutan dan keluasan materi pembelajaran, ia dapat mengetahui sampai sejauh mana siswa menguasai bahan pelajaran yang disampaikan.

ü  Strategi pembelajaran ekspositori dianggap sangat efektif apabila materi pelajaran yang harus dikuasai siswa cukup luas, sementara itu waktu yang dimiliki untuk belajar terbatas.

ü  Melalui strategi pembelajaran ekspositori selain siswa dapat mendengar melalui penuturan (kuliah) tentang suatu materi pelajaran, juga sekaligus siswa bisa melihat atau mengobservasi (melalui pelaksanaan demonstrasi).

ü  Keuntungan lain adalah strategi pembelajaran ini bisa digunakan untuk jumlah siswa dan ukuran kelas yang besar.

 

Kelemahan Strategi Pembelajaran Ekspositori

Teks Editorial – Di samping memiliki keunggulan, strategi ekspositori juga memiliki kelemahan, di antaranya:

ü  Strategi pembelajaran ini hanya mungkin dapat dilakukan terhadap siswa yang memiliki kemampuan mendengar dan menyimak secara baik. Untuk siswa yang tidak memiliki kemampuan seperti itu perlu digunakan strategi lain.

ü  Strategi ini tidak mungkin dapat melayani perbedaan setiap individu baik perbedaan kemampuan, perbedaan pengetahuan, minat, dan bakat, serta perbedaan gaya belajar.

ü  Karena strategi lebih banyak diberikan melalui ceramah, maka akan sulit mengembangkan kemampuan siswa dalam hal kemampuan sosialisasi, hubungan interpersonal, serta kemampuan berpikir kritis.

ü  Oleh karena gaya komunikasi strategi pembelajaran lebih banyak terjadi satu arah (one-way communication), maka kesempatan untuk mengontrol pemahaman siswa akan materi pembelajaran akan sangat terbatas pula. Di samping itu, komunikasi satu arah bisa mengakibatkan pengetahuan yang dimiliki siswa akan terbatas pada apa yang diberikan guru

 

Aliran psikologi belajar yang sangat mempengaruhi Strategi pembelajaran

Ekspositori adalah aliran belajar behavioristik. Terdapat beberapa karakteristik strategi ekspositori:

  1. Strategi ekpositori dilakukan dengan cara menyampaiakan materi pelajaran secara verbal.
  2. Biasanya materi pelajaran yang disampaikan adalah materi pelajaran yang sudah jadi.
  3. Tujuan utama pembelajaran adalah penguasaan materi pelajaran itu sendiri.

Prinsip-prinsip penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori yaitu berorientasi pada tujuan, prinsip komunikasi, prinsip kesiapan, prinsip berkelanjutan. Adapun prosedur pelaksanaan Strategi Ekspositori adalah rumuskan tujuan yang ingin dicapai, kuasai materi pelajaran dengan baik, kenali medan dan berbagai hal yang dapat mempengaruhi proses penyampaian. Didalam strategi ini terdapat juga keunggulan dan kelemahan pada Strategi Pembelajaran Ekspositori.