Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Umum

Struktur Kayu Daun Lebar (Anatomi Kayu)

Struktur Kayu Daun Lebar (Anatomi Kayu)

Struktur Kayu Daun Lebar (Anatomi Kayu)

Struktur kayu daun lebar merupakan bentuk kayu yang memiliki batang yang keras secara umum. Batang kayu tersebut tersusun oleh dua pola penyusun sel yakni sel penyusun kayu kearah longitudinal (axial) dan penyusun kayu ke arah transversal (horizontal) (Pandit & Ramdan, 2002).

Pada arah longitudinal struktur penyusun kayu daun lebar memiliki 2 sifat yaitu prosenkim yakni adanya sel pembuluh (vessel), sel serabut (fibers) yang terdiri dari trakeida serabut dan libriform serabut, sel trakeida yang terdiri dari trakeida pembuluh dan keliling pembuluh. Sifat yang kedua adalah parenkim yang terdiri dari parenkim axial, paenkimfusiform, dan sel epitel. Selanjutnya juga dijelaskan pada arah transversal tidak memiliki sifat prosenkim tetapi memiliki sifat parenkim yakni parenkim jari-jari yang tediri dari sel tegak (upright cell) dan sel baring (procumbent cell), serta memiliki sel epitel (Pandit & Ramdan, 2002).

Struktur kayu daun lebar secara umum terdiri dari sel epitel, sel pembuluh (pori), sel parenkim, sel serabut, dan sel trakeida.

1. Sel Epitel (Epithelial Cell).

Sel epitel kayu daun lebar merupakan sel penyusun intersellular yeng membentuk ruang antar sel berbentuk saluran dan tidak memiliki dinding sel dan biasanya membatasi saluran getah (Pandit & Ramdan, 2002). Saluran getah ini juga dikenal dengan sebutan interselluler (intercellular canal). Hal ini dikarenakan saluran tersebut merupakan ruang diatara sel epitel yang memanjang membentuk saluran.
Saluran pada sel epitel bedasarkan prosesnya tebentuk dengan tiga cara yakni lysigenous (sel hancur), schizogenous (sel terpisah), dan schizolysigenous (penghancuran dan pemisahan sel). Sedangkan saluran epitel terbentuk berdasarkan penyebabnya terbagi atas dua bagian yakni saluran yang normal atau memang sudah ada dan saluran karena luka (traumatic).
Saluran-saluran di dalam sel epitel digolongka menjadi dua macam yakni saluran axial (longitudinal) da saluran radial (horizontal). Saluran axial merupakan saluran yang memiliki pola penyebaran sedangkan saluran radial merupakan saluran yang terdapat pada jari-jari kayu sehingga jari-jari kayu tersebut membesar dan membentuk gelondong (Pandit & Ramdan, 2002).
Categories:
Umum
You Might Also Like