Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Moto situs Anda bisa diletakkan di sini

Perkebunan

Sumber-Sumber Dana dalam Pemberian Kredit

Sumber-Sumber Dana dalam Pemberian Kredit

Sumber-Sumber Dana dalam Pemberian Kredit

Sumber-Sumber Dana dalam Pemberian Kredit

Salah satu kendala bagi bank dalam memberikan kredit adalah masalah kebutuhan dana. Dalam memberikan kredit, dana yang dimiliki bank tidak hanya berasal dari modal sendiri melainkan dari berbagai sumber menurut Jopie Jusuf dalam bukunya yang berjudul Panduan Dasar untuk Account Officer menyebutkan bahwa secara garis besar, sumber dana bank dapat dibagi menjadi :

  1. Modal sendiri (equity) dari para pemegang saham. Sumber dana ini merupakan sumber dana tetap (permanen).
  2. Dana Masyarakat yaitu dana yang dihimpun dari masyarakat. Jenis ini terdiri dari tiga golongan besar yaitu rekening giro, tabungan, dan deposito.
  3. Bank juga dapat menghimpun dana dengan menerbitkan obligasi, yaitu surat hutang jangka panjang
  4. Pinjaman antar bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) melalui pasar uang (money market). Jenis ini merupakan sumber dana cadangan yang baru dipergunakan apabila keadaan memaksa. Misal, untuk menutupi kekalahan kliring. Disebut dalam keadaan memaksa karena harga (suku bunga) di pasar uang ini bisa sangat berfluktuasi dan belum tentu tersedia pada saat dibutuhkan.

Menurut penulis sumber dana bank juga dapat berasal dari Dana Pemerintah, karena dalam menyalurkan kreditnya dana yang didapatkan oleh bank tidak hanya berasal dari dana pihak ketiga saja (DPK) atau modal sendiri, dan yang telah disebutkan sebelumnya, bank juga bekerjasama dengan pemerintah untuk menjalankan program pemerintah yang bertujuan membantu rakyat agar bisa mendapatkan dana untuk membiayai usahanya, kredit yang diberikan oleh pemerintah melalui bank ini merupakan kredit dengan bunga yang rendah sehingga tidak memberatkan rakyat.

bca juga :

Categories:
Perkebunan
You Might Also Like